Jika anda menonton film berbahasa Inggris anda pasti tidak asing dengan perkataan ini “oh my God atau My God” yang dalam basa Indonesianya biasa diucapkan “Ya Tuhan”.
Tahukah anda apa arti dibalik perkataan “My God atau Ya Tuhan” ?. Perkataan ini menjelaskan bahwa orang yang mengucapkannya merasa “TAKJUB” atau merasa “SANGAT TERKEJUT”. Inilah yang dialami oleh Thomas.
Seperti diketahui bahwa ketika Yesus ditangkap dan disalib murid-murid Yesus telah melarikan diri dan meninggalkan dia. Sehingga ketika Yesus bangkit dari kubur dan menemui mereka, tentu membuat mereka terkejut. Karena sepengetahuan mereka Yesus telah mati.
Yohanes 20 :25 “Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: “Kami telah melihat Yesus (Lord)!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka: “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.”
Yohanes 20:26 “Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”
Tentu anda akan bertanya mengapa pintu-pintu terkunci?. Itu karena keberadaan Yesus sangat membahayakan bagi dirinya. Alias Yesus dan murid-muridnya takut bisa – bisa ditangkap lagi oleh Yahudi dan dibunuh lagi jika ketahuan. Tentu ini bukan kualitas Tuhan.
Yohanes 20:27 “Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”
Yohanes 20:28 “Tomas menjawab Dia: “Ya Tuanku (My Lord) dan Allahku (My God)!”
KING JAMES VERSION John 20:28 “And Thomas answered and said to Him, “My Lord and my God!”
Jadi ketika Thomas terkejut bahwa ternyata Yesus masih hidup dia berkata “Ya Tuanku (My Lord) dan ya Tuhan (My God). Kita harus memahami kalimat “Ya Tuanku dan Ya Tuhan” apakah diucapkan secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Karena kalimat ini ditulis berdasarkan penceritaan. Bisa saja kalimat aslinya adalah “Ya Tuhan dan Ya Tuanku”, jadi Ya Tuhan diucapkan terlebih dahulu. Atau kalimat aslinya bisa saja tanpa kata “Dan” jadi cuma “Ya Tuanku (My Lord) Ya Tuhan (My God).
Kesimpulannya adalah, bahwa penyebutan Thomas dengan kalimat “Ya Tuhan (My God)’ bukan ditujukan kepada Yesus, tetapi itu adalah kalimat KETAKJUBAN seperti halnya kita sekarang ini yang kadang mengucap “Ya Tuhan” atau kalau orang Inggris ya mengucapkan “Oh My God” atau “Oh God” atau “My God” ketika TERCENGANG!
By Wedul Sherenian
Artikel sebelumnya :


حَنِيفًا
8 Juli 2011
@Mas Wedul Sherenian
Mantab’s tenan…
Wedul Sherenian
8 Juli 2011
Mandra
10 Juli 2011
@Mas Wedul
Salam
Yaa betul Mas. Rasanya kok aneh ucapan si Thomas. Khususnya ada kata “dan”. Sepertinya kata sambung tersebut tidak perlu ada, tapi dipaksakan untuk meyakinkan pembacanya, bahwa Yesus adalah “Tuhan”… Terlalu di dramatisir…..
Sedikit menyimpang dari topik Mas :
Ayat yang sampeyan kutip (Yohanes 20:27) membuktikan Yesus tidak di salib. Bukti Yesus tidak disalib, dia berusaha meyakinkan Thomas, bahwa tidak ada luka di tangan maupun dilambungnya
Khan murid-2nya sudah pada melarikan diri, termasuk Thomas. Lalu siapa diantara muridnya yang menjadi saksi penyaliban? Aneh memang…
Sedangkan pada Yohanes 20:25 : Si Thomas membayangkan, kalau orang disalib pada masa itu, kakinya di paku, dan lambungnya ditusuk. Bahkan untuk mempercepat kematian, seharusnya, kakinya juga harus dipatahkan. Kalimat yang diucapkan si Thomas bukan untuk membuktikan peristiwa penyaliban yesus. Dia hanya membayangkan bahwa yang disalib adalah Yesus sehingga dia ingin meyakinkan dirinya dengan mencucukan jarinya ke lambung yesus. Karena itulah dia tercengang dengan mengucapkan “Ya Tuanku (sebagai tanda yakin yesus masih hidup) dan Ya Tuhanku (sebagai rasa syukur kepada Tuhan bukan yesus yang disalib). Kalau bangkit bersama jasadnya dari kubur namanya zombie dong..
Salam
hh
1 Oktober 2011
…Khususnya kata “dan”. Sepertinya kata sambung tersebut tidak perlu ada, tapi dipaksakan untuk meyakinkan pembacanya, bahwa Yesus adalah “Tuhan”… Terlalu di dramatisir…..
=>Kata Tuhan dan Allah dalam kalimat itu adalah sejajar, yang manapun didahulukan, pakai koma atau dengan kata sambung, sama saja artinya, karena sejajar. Hal ini mungkin serupa dengan kalimat “Ya Allah, Ya Rabbi” (kaya ya disini bukan mengiyakan dan bukan terkejut, tetai memanggil).
———-
Yoh 20:27) membuktikan Yesus tidak di salib. Dia berusaha meyakinkan Thomas, bahwa tidak ada luka di tangan maupun dilambungnya
=>Jangan mengada ada, pak Mandra. Itu tidak baik. Apa petunjuk yang bapak gunakan bahwa Yesus sedang meyakinkan bahwa tidak ada bekas luka di tanganNya?
Khan murid-2nya sudah pada melarikan diri, termasuk Thomas. Lalu siapa diantara muridnya yang menjadi saksi penyaliban? Aneh memang…
=>Murid2 Yesus memang melarikan diri terpencar pada saat penangkapan Yesus di Taman Getsemane, tetapi dari kejauhan dan bersembunyi-sembunyi mereka mangikuti jalannya penyaliban itu.
————-
Sedangkan pada Yohanes 20:25 : Si Thomas membayangkan, kalau orang disalib pada masa itu, kakinya di paku, dan lambungnya ditusuk. Bahkan untuk mempercepat kematian, seharusnya, kakinya juga harus dipatahkan. Kalimat yang diucapkan si Thomas bukan untuk membuktikan peristiwa penyaliban yesus. Dia hanya membayangkan bahwa yang disalib adalah Yesus sehingga dia ingin meyakinkan dirinya dengan mencucukan jarinya ke lambung yesus. Karena itulah dia tercengang dengan mengucapkan “Ya Tuanku (sebagai tanda yakin yesus masih hidup) dan Ya Tuhanku (sebagai rasa syukur kepada Tuhan bukan yesus yang disalib). Kalau bangkit bersama jasadnya dari kubur namanya zombie dong..
=>Tuduhan yang sangat lemah. Tidak ada indikasi bahwa Thomas sedang membayangkan seperti itu.
Mandra
4 Oktober 2011
@hh
Anda : =>Kata Tuhan dan Allah dalam kalimat itu adalah sejajar, yang manapun didahulukan, pakai koma atau dengan kata sambung, sama saja artinya, karena sejajar. Hal ini mungkin serupa dengan kalimat “Ya Allah, Ya Rabbi” (kaya ya disini bukan mengiyakan dan bukan terkejut, tetai memanggil).
===> He he he… Pemakaian kata sambung “dan” dalam ayat tersebut berbeda dengan penyebutan “Ya Allah, Ya Rabbi” Mbakyu. Artinya “Ya Allah, Ya Tuhanku”, Allah adalah Nama Tuhan. Jika kata “dan” dimasukan, mengesankan ada 2 person, yakni Tuhan dan Allah. Dari peristiwa dalam ayat tersebut ketika mencucukan jarinya ke lambung Yesus, Thomas terkejut bung. Jika Thomas memanggil, ya tidak perlu harus menyentuh dong… Hew he he.. aya-2 wae….
Anda : Jangan mengada ada, pak Mandra. Itu tidak baik. Apa petunjuk yang bapak gunakan bahwa Yesus sedang meyakinkan bahwa tidak ada bekas luka di tanganNya?
===> Kenapa saya katakan demikian Mbakyu hh, toch di ayat tersebut Yesus tidak menyebutkan : “cucukanlah jarimu ke dalam lambungku yang terluka, bukan? Anda berfantasi sama seperti Thomas, bahwa ada bekas luka di lambung Yesus?
Anda : Murid2 Yesus memang melarikan diri terpencar pada saat penangkapan Yesus di Taman Getsemane, tetapi dari kejauhan dan bersembunyi-sembunyi mereka mangikuti jalannya penyaliban itu.
===> He he he… Apakah ada buktinya dalam bible, murid-2 Yesus bersembunyi dan melihat dari kejauhan? Coba anda buka 3 kitab yang meriwayatkan tentang peristiwa penyaliban Yesus. Ketiganya berbeda.
Anda : Tuduhan yang sangat lemah. Tidak ada indikasi bahwa Thomas sedang membayangkan seperti itu.
===> Statement andalah yang lemah. Tolong anda tunjukan indikasi bahwa Thomas sedang tidak membayangkan peristiwa penyaliban Yesus. Ada Mbakyu?
Wedul Sherenian
11 Juli 2011
@Mas Mandra
ya itu tuh yang aneh. Dalam pandangan Kristen Yesus itu Tuhan atau dengan kata lain Tuhan bernama Yesus. orang yang bernama Yesus itu Tuhan.
Jadi Ucapan Thomas aneh, anehnya begini :
Dalam Alkitab Indonesia Yohanes 20:28 diterjemahkan sebagai berikut :
Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!”
Jika dijabarkan menjadi begini :
Thomas menjawab Dia: “Ya (Yesus) Tuhanku dan (Yesus) Allahku!”
Nah padahal kata “Tuhan” dan “Allah” itu beda pengertian. Nah jika Thomas menyebut Allahku, maka Tuhan yang mana lagi?
.
Jika Tuhan dan Allah itu sama pengertian, nanti ada ribuan Tuhan di bumi :
1. Tuhan
2. Allah
3. God
4. Nama Tuhan dalam bahasa Jerman
5. nama Tuhan dalam bahasa Prancis
6. nama Tuhan dalam bahasa Rusia
8. Dan lain-lain
Jadi Thomas akan menjawab begini :
1.Thomas menjawab Dia: “YaTuhanku dan (Nama Tuhan dalam bahasa Jerman)ku!”
2.Thomas menjawab Dia: “YaTuhanku dan (Nama Tuhan dalam bahasa Perancis)ku!”
2.Thomas menjawab Dia: “YaTuhanku dan (Nama Tuhan dalam bahasa Rusia)ku!”
dll
hh
4 Oktober 2011
ya itu tuh yang aneh. Dalam pandangan Kristen:
Yesus itu Tuhan =>Benar. Karena Yesus adalah salah satu dari person Tuhan Trinitas yang menjelma menjadi manusia. Saat menjadi manusia Dia diberi nama Yesus. Dalam tubuh manusiaNya itu ada/hadir/terbungkus keTuhananNya.
—
atau dengan kata lain Tuhan bernama Yesus =>Lihat keterangan diatas. Nama Tuhan adalah Elohim.
——
orang yang bernama Yesus itu Tuhan =>Benar. Lihat keterangan diatas.
————-
Yohanes 20:28 diterjemahkan sebagai berikut: Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!”
Jika dijabarkan menjadi begini :Thomas menjawab Dia: “Ya (Yesus) Tuhanku dan (Yesus) Allahku!”
=>Benar sekali. Sosok yang hadir dihadapan Thomas adalah Yesus, yang dikenal Thomas sebagai sosok yang sanggup menyembuhkan berbagai penyakit, memberi makan ribuan orang dengan hanya 2 ekor ikan dan 5 potong roti, yang menghidupkan orang mati, dan yang bangkit dari kematian. Dia adalah Tuhan.
———-
Nah padahal kata “Tuhan” dan “Allah” itu beda pengertian
=>Saya kurang tau dimana beda pengertiannya.
Jawaban yang berulang seperti itu adalah disebabkan oleh rasa hormat kita terhadap pihak lain.
Misalnya dalam keseharian kita kalau kita dipanggil sama yang kita hormati, kita sering menjawab berulang dengan kata/sebutan yang sejajar: ya boss, komandan.
Nah jika Thomas menyebut Allahku, maka Tuhan yang mana lagi?
=>Tuhan yang sama.
———-
Jika Tuhan dan Allah itu sama pengertian, nanti ada ribuan Tuhan di bumi : Tuhan, Allah, God, Nama Tuhan dalam bahasa Jerman, Prancis, Rusia, dll
=>Tidak menjadi masalah. Misalkan saya menguasai lima bahasa; tentu setiap saya berkunjungn ke lima pengguna bahasa itu dan saya disuruh berdoa, sudah pasti saya akan menyebut Tuhan itu dengan bahasa yang saya gunakan.
Jadi Thomas akan menjawab begini:
“YaTuhanku dan (Nama Tuhan dalam bahasa Jerman)ku!”
“YaTuhanku dan (Nama Tuhan dalam bahasa Perancis)ku!”
“YaTuhanku dan (Nama Tuhan dalam bahasa Rusia)ku!” dll.
=>Wedul…….pertemuan dan dialog itu hanya sekali, bagaimana bisa Thomas menjawab dengan tiga bahasa sekaligus dan untuk apa?
salam
Mandra
4 Oktober 2011
@hh
Anda : Yesus itu Tuhan =>Benar. Karena Yesus adalah salah satu dari person Tuhan Trinitas yang menjelma menjadi manusia. Saat menjadi manusia Dia diberi nama Yesus. Dalam tubuh manusiaNya itu ada/hadir/terbungkus keTuhananNya.
===> He he he…Jika anda sebut Trinitas, dimana posisi Roh Kudus. Yang anda tulis cuma dua, Tuhan dan Yesus.
Anda : Misalnya dalam keseharian kita kalau kita dipanggil sama yang kita hormati, kita sering menjawab berulang dengan kata/sebutan yang sejajar: ya boss, komandan.
===> Belum pernah saya mendengan panggilan “ya boss, komandan”. Lagi pula berbeda yang anda contohkan dengan perkataan Thomas. Perkataan Thomas ada kata “dan”. Kalimat yang anda contohkan, tanpa kata “dan”. Jadi, anda jangan terlalu memaksakan bahwa itu merupakan hal yang wajar. Bagi kami itu tidak wajar Mabkyu. Aneh malaah…
Anda : Wedul…….pertemuan dan dialog itu hanya sekali, bagaimana bisa Thomas menjawab dengan tiga bahasa sekaligus dan untuk apa?
===> He he he… sama mustahilnya dengan kalimat yang diucapkan oleh Thomas bukan, Mbakyu?
hh
4 Oktober 2011
…..Jika Tuhan dan Allah itu sama pengertian, nanti ada ribuan Tuhan di bumi .
=>Bukan jumlah Tuhan yang menjadi ribuan banyaknya. Harap dimengerti dengan baik. Bukan jumlah Tuhan yang menjadi banyak (ribuan) dan Tuhan bukan di bumi.
salam
BOLONE WEDHUL
5 Oktober 2011
@hh
Bukan jumlah Tuhan yang menjadi banyak (ribuan) dan Tuhan bukan di bumi.
lha emangnya Yesus itu di bumi atau dimana ya?… wakakak
Mandra
11 Juli 2011
@Mas Wedul
He he he he…. Apa komentar mereka? Kita tunggu……
hh
4 Oktober 2011
sudah dikomentari, mas Mandra.
javanizis
13 Juli 2011
Tahukah Kau bahwa kata tuhan maupun allah tak ada beda dengan kata manusia, hewan, robot, kompoter,dll yaitu mengacu pada bendahnya. Selanjutnya tentang nama Allah menjadi pertanyaanku di http://javanizis.wordpress.com/nama-allah/
حَنِيفًا
13 Juli 2011
@Javanizis
Bisa sampean jawab :
1. allah dengan Allah sama tidak ?!
2. allah dengan ALLAH sama tidak ?!
dalam kontek:
(SE SUATU NAMA YANG SAMA !!!)
JIka sama: tolong sampean biasaken menulis dengan huruf KAPITAL didepan (Allah), syukur-syukur sampean menulisken Alloh.
Note:
Bosen ahhh, diblog sampean terlalu pengecut … main modol terasi ajah… hehehe….. jadi sayah kopas disini ajah.
abu hanan
13 Juli 2011
ngiung…..ngiung…..ngiung
apa beda kodok dengan KODOK dengan koDok dengan KodoK dengan kOdOk dengan KOdoK dengan KODok dengan KODOk dengan koDOK dengan kodOK dengan kodoK?
teot te blung….
hh
4 Oktober 2011
ngak nyambung atuh, juragan……………..
حَنِيفًا
14 Juli 2011
Wedul Sherenian
13 Juli 2011
@Jowoneciz
http://vilaputih.wordpress.com/2010/09/27/mana-buktinya-yesus-adalah-allah-tuhan/
jack
14 Juli 2011
apa bedanye odong2 ame perari??
Mandra
14 Juli 2011
@Javanizis
Kalau anda penganut faham meterialis, anda bisa mengatakan tidak ada beda, karena semua anda bendakan. Sepertinya anda sendiri tidak faham siapa diri anda. Apakah anda sama dengan hewan? Atau samakah anda dengan penghuni pohon beringin?
jack
14 Juli 2011
@java
tahukah sampeyan kalau manusia adalah tulang yang dibungkus daging dan diselimuti kulit?
tapi apakah sampeyan mau dipanggil onggokan tulang?
Teroris
13 Juli 2011
Kebenaran Yoh.20:28:
“Tuanku dan Allahku!”
Mengekspresikan dengan dua pribadi yang berbeda.
jack
14 Juli 2011
khan 3 in 1, kayak pehlem power ranger gito tuhannya bisa bergabong
Mandra
13 Juli 2011
@Teroris
Berarti Tuhan ada dua khan? Kalau ada dua pribadi apa mungkin di bilang satu?
Teroris
14 Juli 2011
@Mandra,
Tuhan/Allah Bapa (God) hanya satu pribadi.
Saya katakan pribadi karena menjelaskan ada satu karakter, sifat dan individu. (belum tentu bertubuh jasmani)
Sedangkan yang satu adalah Tuan (Lord) Yesus, sebab Ia mendapatkan anugerah pengangkatan sebagai Raja yang berkuasa atas surga dan bumi. Dan menjalankan otoritasnya kelak di bumi yang berpenduduk. Tuan Yesus bergelar Kristus (Kristos/Mesias/Almasih) karena pengangkatanNya dengan mendapatkan pengurapan dari Allah Bapa (God) sendiri.
Kedua pribadi dengan satu tujuan yaitu membangun kembali Kerajaan Allah (yang empunya) di surga maupun di bumi selama2nya, yang dahulu tertunda. (Doa Bapa Kami: Datanglah KerajaanMu, jadilah kehendakMu di bumi seperti di sorga- Matius 6:10)
حَنِيفًا
14 Juli 2011
@Oom Teroris
Dan menjalankan otoritasnya kelak di bumi yang berpenduduk. Tuan Yesus bergelar Kristus (Kristos/Mesias/Almasih) karena pengangkatanNya dengan mendapatkan pengurapan dari Allah Bapa (God) sendiri.
_____________
Tuan (Lord) Yesus “mengurapi sendiri” artinya YESUS SEDANG ONANI PAKAI MINYAK !!!
حَنِيفًا
14 Juli 2011
Kesaksian terakhir di bumi YESUS DISALIB setelah pengangkatanNya YESUS DISALIB JUGA sugaNya … hehehe….
(itu mah, sami mawon YESUS MASUK NERAKA JAHANAM dunk…
)
Teroris
14 Juli 2011
Apa yang diucapkan merupakan cerminan hati dan pikiran, jadi berhati2lah berucap, krn dari ucapan dapat terlihat seberapa besar iman.
Orang yang adil-benar (dewasa dlm keimanan) akan mengeluarkan perbendaharaan kata yang baik dr mulutnya.
jack
14 Juli 2011
@terong
yang jelas kite2 disini ngetik pakai jari neng, kalau sampeyan mau ngetik pakai mulut terserah sampeyan sendiri
Teroris
15 Juli 2011
Apa yang keluar dari mulut sama saja seperti yang kalian ketik pakai jari bung!
jack
15 Juli 2011
kalau yang keluar dari mulut orang buta bisa tahu neng, cuman kalau yang keluar lewat jari ape orang buta tahu neng??
Robin . S
7 Agustus 2011
Jangan kasar begitu mas Haniifa.., Maafkan saya hanya mengingatkan
حَنِيفًا
8 Agustus 2011
@Mas Robin S.
Siyapa yang kasar, maka saya balas dengan kasar juga dung !!
Siypa yang nyeleneh, maka saya balas dengan nyeleneh lagi ding !!.. .. hehehe…
TIdak ada yang perlu saya maafken.
Salam , Haniifa.
Wedul Sherenian
14 Juli 2011
@Teroris
yang jelas Yesus butuh Toilet
http://vilaputih.wordpress.com/2010/08/04/toilet-buat-orang-suci/
Robin . S
7 Agustus 2011
Mari berdebat dgn semangat penuh kasih dan pengertian
jack
14 Juli 2011
@terong ris
sekali lagi tuhan sampeyan kayak robotnye power ranger
hh
4 Oktober 2011
apa alasannya, kawan?
jack
14 Juli 2011
@terong
konon yesus setelah piknik di surga makan ikan gurame goreng ame muritnya, emang roh bisa makan gurame goreng??
hh
4 Oktober 2011
Dimana tertulis itu, sobat?
Mandra
14 Juli 2011
@Teroris
Anda tulis : Kebenaran Yoh.20:28:
“Tuanku dan Allahku!”
Mengekspresikan dengan dua pribadi yang berbeda.
===> Saya kutip bible dari SABDAweb
Yohanes 20:25-29
20:25 Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: “Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka: “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.”
20:26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”
20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”
20:28 Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!”
20:29 Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”
Bung teroris. Jika anda meyakini ayat yang anda kutip di atas, anda benar, ada dua pribadi yang berbeda. Yang pertama pribadi manusia Yesus dan yang kedua Tuhan.
Yang menjadi aneh adalah Jika, “saudara” anda yang lain meyakini hal yang berbeda dengan anda, sebagaimana ayat yang saya kutip dari SABDAweb di atas. Kata “LORD” di artikan sebagai “TUHAN”.
Namun tetap saja kalimat : Ya Tuanku dan Allahku atau Ya Tuhanku dan Allahku, terdengar aneh. Dalam ayat itu, Thomas meresponse ucapan Yesus yang mengatakan “melainkan percayalah”.
Jadi bung teroris, jika anda, katakanlah seorang bawahan menghadap “tuan” anda, ketika tuan anda mengatakan “percayalah pada saya”, apakah anda akan menjawab : “ya tuanku” atau “ya tuanku dan Allahku”? Terasa memaksakan tidak, kalimat dalam ayat tersebut menurut anda?
Teroris
14 Juli 2011
Coba bila dibandingkan dengan:
“Tuanku, (adalah) Allahku!”
Kata “dan” bisa saja di artikan sebagai jabatan yang di sandang sekaligus. Tetapi dengan pemahaman yang kuat/benar tentang siapa Yesus dan siapa Allah akan berbeda.
Ketika itu Thomas dan yang lainnya telah mematri dalam benak mereka betapa besarnya kedekatan Yesus dengan Allah, BapaNya. (Jalan menuju Allah hanya melalui Yesus Kristus).
Mengingat/melihat Yesus berarti mengingat/melihat Allah.
Contoh sederhana:
Kadang untuk mengenal/mengingat seorang bocah, harus dijelaskan/disebutkan dulu siapa orangtuanya. Itu…tu si Mandra anaknya bapak Shiren. Oh….iya…
Ketika Thomas terkejut lalu dia berucap: “Tuanku (dan tak lupa)…….. dan Allahku!”
jack
14 Juli 2011
@terong
wekekekeke sampeyan kali yang lupa sama orang tue sendiri
makanye jika sampeyan mau masuk surga jangan lewat paulus dunk, kan sampeyan konon udah tahu jalan menuju ke surga bukan lewat paulus
Kata “dan” bisa saja di artikan sebagai jabatan yang di sandang sekaligus.
itu dari kamus mana neng? kamus cocologi
Micek
14 Juli 2011
@Teroris
Kagak beda dengan agama pagan Dewa Zeus dan anaknya Hercules itu ya mister teroris…….
Ternyata Alkitab PB memang bener2 asli menjiplak tuhan-tuhan yang bisa beranak pinak bangsa romawi kuno dan sama sekali bukan ajaran murni Nabi Ibrahim yang pernah menghancurkan BERHALA SESEMBAHAN.
BERHALA adalah : Tuhan yang diwujudkan PATUNG berjenis kelamin laki-laki atau perempuan yang di perjanjian lama adalah perbuatan TERKUTUK……
Jadi kalau sampeyan pake kalung dan ketempat ibadah yg ada patung Tuhan nya berarti sampeyan umat terkutuk……gicu mister teroris….sadarkah sampeyan mister??? hihihi
Mandra
14 Juli 2011
@Teroris
Anda tulis : Coba bila dibandingkan dengan:
“Tuanku, (adalah) Allahku!”
Kata “dan” bisa saja di artikan sebagai jabatan yang di sandang sekaligus.
===> Maaf bung. Anda sedang merubah bunyi ayat dengan pengandaian yang anda buat sendiri? Apakah setiap ayat dalam bible, anda tafsirkan sesuai dengan kehendak anda bung? Anda dapat rumusan dari mana, kalau kata “dan” bisa diartikan sebagai jabatan yang disandang? Apakah yang anda tulis kata “adalah” sama dengan kata “dan”? Tolong anda berikan contoh padanan yang anda maksudkan.
Anda tulis lagi : Tetapi dengan pemahaman yang kuat/benar tentang siapa Yesus dan siapa Allah akan berbeda.
===> Hmmmh…. Anda bicara indoktrinasi gereja? Yang penting imani saja?
Anda : Ketika itu Thomas dan yang lainnya telah mematri dalam benak mereka betapa besarnya kedekatan Yesus dengan Allah, BapaNya. (Jalan menuju Allah hanya melalui Yesus Kristus).
===> Kesimpulan pribadi bung? Bukankah murid-2 Yesus masih belum mengerti apa-2 yang sudah diajarkan Yesus? Bagaimana anda bisa yakin bahwa murid Yesus sudah mematrikannya dalam benak mereka? Kalimat dalam kurung yang anda tulis, bisa juga saya tafsirkan bahwa ikutilah ajaran Yesus, maka anda akan mendapat jalan menuju Allah.
Anda : Mengingat/melihat Yesus berarti mengingat/melihat Allah.
===> Oo ya… Seperti apa rupa Allah?
Anda : Contoh sederhana:
Kadang untuk mengenal/mengingat seorang bocah, harus dijelaskan/disebutkan dulu siapa orangtuanya. Itu…tu si Mandra anaknya bapak Shiren. Oh….iya…
===> Kayaknya jauh tuh antara contoh dengan yang sedang dibahas bung…. Yang sedang kita bahas adalah response Thomas terhadap perkataan Yesus, yang menggunakan kata penghubung “dan”. Bandingkan dengan contoh yang anda berikan…
Anda : Ketika Thomas terkejut lalu dia berucap: “Tuanku (dan tak lupa)…….. dan Allahku!”
===> Mau anda kutak katik dengan kalimat mana saja, saya yakin anda tidak menemukan kalimat yang cocok untuk maksud perkataan Thomas tersebut. Jika anda terkejut, akankah anda mengatakan : Ya tuanku dan Allahku ? Pasti anda cukup mengatakan sebagaimana Mas Wedul ilustrasikan : Ya Tuhan…. atau Ya Allah..
Teroris
15 Juli 2011
@Mandra,
Pengandaian itu bukan untuk merubah bunyi ayat itu.
Bila dalam benak bahwa ayat tersebut mengatakan Yesus sekaligus juga Allah, maka yang tertulis: “Tuanku, Allahku!” yang implisitnya: Tuanku adalah juga Allahku! Jadi bukan dengan memakai kata “dan”.
Disamping itu “dan” dalam ayat ini juga bukan berarti Yesus sekaligus juga Allah (bukan sebagai jabatan yang disandang sekaligus).
Bisa saja terjadi penafsiran yang berbeda2 dari kitab suci apa pun oleh siapa pun, tetapi dengan pemahaman yang kuat dan benar akan tetap menemukan kebenarannya.
Kitab suci adalah sumber mendapatkan pemahaman yang kuat dan benar, bukan dari indoktrinasi gereja.
Ya! ada tertulis bahwa jalan menuju Allah hanya melalui Yesus Kristus.(Mat. 3:17;Yoh.14:6). Kuasa baik di surga maupun di bumi telah diberikan kepadaNya (Matius 28:18). Kelak, Yesus datang kembali ke dunia untuk memerintah atas bumi (Dan. 7:13,14; Mat. 25:31-34, Luk. 1:30-33; 22:29; Wahyu 5:9,10; 14:1-3).
Mengingat/melihat bukan hanya berarti mengingat/melihat rupa/raut-wajah bung!
Sederhana/singkatnya bisa kan artinya: “kesan” atau “image”.
Dapatkah mengingat/melihat rupa/raut-wajah Indonesia?
Tetapi untuk mengingat/melihat Indonesia bisa, kan?
Mandra
15 Juli 2011
@Teroris
Anda tulis :
Teroris
14 Juli 2011
Kata “dan” bisa saja di artikan sebagai jabatan yang di sandang sekaligus.
Anda tulis juga :
Teroris
15 Juli 2011
Disamping itu “dan” dalam ayat ini juga bukan berarti Yesus sekaligus juga Allah (bukan sebagai jabatan yang disandang sekaligus).
===> Uuuupss… Lalu yang bagaimana dong bung? Dalam sehari berubah pikiran bung? Yang pertama anda tulis bisa diartikan sebagai kata sandang. Yang kedua anda tulis bukan sebagai jabatan yang disandang sekaligus. Anda bingung dengan bunyi ayat kitab suci anda? Bahkan kalimat yang anda tulispun sepertinya tidak jelas arahnya mau kemana.
Anda: Bisa saja terjadi penafsiran yang berbeda2 dari kitab suci apa pun oleh siapa pun, tetapi dengan pemahaman yang kuat dan benar akan tetap menemukan kebenarannya.
===> Bung Teror, Darimana anda bisa mengukur pemahaman yang kuat dan benar akan tetap menemukan kebenarannya? Apa tolok ukurnya? Berdasarkan penafsiran pribadi tanpa bimbingan? Setiap umat anda bisa seenaknya menafsirkan ayat sesuai dengan keinginannya dong? Wooow…
Anda : Kitab suci adalah sumber mendapatkan pemahaman yang kuat dan benar, bukan dari indoktrinasi gereja.
===> Yakin bung? Anda tidak terindoktrinasi oleh gereja? Bukankah sudah saya tulis sebelumnya di atas, bahwa umat anda meskipun menemukan ayat-2 yang bertentangan dengan logika, misalnya, atau bahkan bertentangan satu sama lain, karena sudah terdoktrin oleh gereja, maka imani saja?
Sebagai salah satu contoh ayat yang agak aneh : Matius 21:31
“…Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pemungut-pemungut cukai dan PEREMPUAN-PEREMPUAN SUNDAL akan mendahului kamu MASUK KE DALAM Kerajaan Allah.”
===> Uuuups…Bagaimana anda menafsirkan ayat diatas, orang perempuan yang berbuat sundal (katakanlah pendosa), kok bisa lebih dahulu masuk syurga? Lalu anda diurutan ke berapa? Jika anda tidak terindoktrinasi oleh gereja, tentunya anda akan mempertanyakan keberadaan ayat tersebut. Tapi karena doktrin gereja yang “Imani Saja”, maka fine fine saja toch? *
Mandra
15 Juli 2011
@Teroris
Lanjutan…..
Anda katakan : Mengingat/melihat bukan hanya berarti mengingat/melihat rupa/raut-wajah bung!
Sederhana/singkatnya bisa kan artinya: “kesan” atau “image”.
Dapatkah mengingat/melihat rupa/raut-wajah Indonesia?
Tetapi untuk mengingat/melihat Indonesia bisa, kan?
====> Bagaimana yang anda maksud dengan “kesan atau image” dari ayat ini :
“Lalu katanya : “Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia berdiri disebelah kanan Allah.” (Kisah Rasul 7:56). ===> Kesankah, imagekah atau melihat dalam arti sebenarnya bung? Dan apakah Leonardo Da Vinci dapat melukis wajah Yesus berdasarkan image atau kesan? Sehingga wajah Yesus seperti yang anda temui sekarang, yakni berwajah smithic?
Teroris
16 Juli 2011
@Mandra,
Kayaknya hanya berputar2 saja, perlukah anda mendapatkan pejelasan yang sedetil dan mendalam?
Bagaimana mungkin bila tidak berminat dan mengimani? Bila hanya mencari kesalahan kitab suci kami, silahkan anda teruskan saja!
Sesungguhnya anda cs tidak banyak tau tentang kami (berikut kualitas dan kuantitasnya).
jack
16 Juli 2011
tak tahu maka tak sayang, makanya sampeyan beriken penjelasan tentang agama sampeyan secara logis kagak muter2, iman kalau nggak dibarengi akal juga sami mawon bisa kesasar sampeyan
abu hanan
16 Juli 2011
@teoris
dalam hal ‘roh” maka tuhan tidak serupa dengan siapa pun.
namun dalam kekuasaan,maka tuhan bisa menjadi siapapun (inkarnasi-avatar-nanaknasi).
Betulkah?
Karena
Lantas bagaimana hubungan keduanya dalam keadaan dan dalam perkataan Thomas?
Jika buah dada adalah umat,kepala adalah Kristus berarti pelir/dzakar adalah semangat?
Mungkin tidak ada hubungan tetapi ini adalah salah satu contoh :
Bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dengan semangat dan usaha yang begitu keras sekeras pelir kuda jantan.
Sehingga setiap titik,koma,kata dan kalimat dalam semua kitab suci sangat berpengaruh pada ke-suci-an kitab itu sendiri.
Mandra
16 Juli 2011
@Teror
Anda : Kayaknya hanya berputar2 saja, perlukah anda mendapatkan pejelasan yang sedetil dan mendalam?
===> Bung Teror. Jika anda ingin memberikan penjelasan detail dan mendalam, silahkan bung, saya akan menyimak uraian anda. Kenapa saya meresponse pernyataan anda… yaa karena penjelasan anda yang hanya dalam satu hari sudah berubah, sebagaimana saya kutip di atas. Anda mengatakan saya hanya berputar-putar, tidak demikian bung… Coba anda baca lagi tulisan saya di atas. Saya bukannya berputar, melainkan mengembangkan topik bahasan berdasarkan pernyataan yang anda tulis. Dari topik bahasan kata “dan”, anda kembangkan dengan kata “image/kesan”. Saya harus mengikuti alur bahasan anda dong. Makanya saya meresponse apa yang anda tulis dengan penambahan misal ayat dalam bible anda sendiri.
Anda : Bagaimana mungkin bila tidak berminat dan mengimani? Bila hanya mencari kesalahan kitab suci kami, silahkan anda teruskan saja!
===> Bung Teror. Soal berminat atau mengimani, menurut saya itu hal nomor ke sekian. Yang menjadi keinginan pembaca adalah bagaimana anda bisa menjelaskan secara gamblang atau mudah dicerna oleh pembaca tulisan anda, bahwa apa yang anda yakini adalah benar dari Tuhan yang sebenarnya. Anda tidak perlu berkecil hati bung. Kenapa kami yang muslim sering bertanya tentang kemurnian kitab suci anda? Karena kami, khususnya saya, ketika membaca bible anda merasakan kejanggalan yang cukup mengusik untuk bertanya. Itulah tujuan Mas Wedul menuliskan artikelnya. Dari tulisan Mas Wedul tersebut, ketika saya baca, menimbulkan pertanyaan dalam diri saya. Tentunya saya harus menanyakan kepada orang yang akhli di bidangnya. Kebetulan anda yang meresponse tulisan Mas Wedul, maka saya bertanya pada anda. Jika anda menganggap tidak ada yang salah dengan kitab suci anda, itu sah-2 saja. Tapi bagaimana caranya anda menjelaskan pertanyaan seputar kitab suci anda kepada orang yang bertanya, sehingga orang yang bertanya mendapatkan penjelasan yang mudah dicerna dan tidak berputar. Akan lebih gentleman jika anda mengakui bahwa anda sulit menemukan kosa kata yang pas untuk menjelaskan apa yang ditanyakan, dari pada anda mengatakan kepada orang yang bertanya, bahwa dia hanya berputar-putar. Persoalannya adalah : Apakah anda dapat membuktikan bahwa kitab yang anda anggap suci tidak ada kesalahan di dalamnya? That is the point… That is debate…
Anda : Sesungguhnya anda cs tidak banyak tau tentang kami (berikut kualitas dan kuantitasnya).
===> Anda benar bung. Kami tidak tau kualitas dan kuantitas(?) anda. Untuk kuantitas kaum anda, saya rasa bisa di search di Mbok Wikipedia. Sedangkan kualitas lebih kepada penilaian subyektif seseorang terhadap orang yang lain. Siapa tahu? Jangan jadi lemah bung. Lanjutkan…..
Teroris
17 Juli 2011
@Mandra,
Kejanggalan dari kitab suci kami adalah buat anda, bung!
Setelah sekian lama saya baru menyadari, penjelasan yang bagaimana? hanyalah kesia2an sperti kami.
Kami tidak mencari kemenangan disini.
Sedangkan kami mempunyai kewajiban diluar sana untuk mencari orang2 yang rendah hati untuk mau mendengarkan firman Allah melalui kami. Ini amanah agung dari Kristus.
Pekerjaan dilakukan seluas dunia dengan tiada akhirnya ini tidaklah sia2, membuahkan hasil, sebab banyak juga yang terpanggil, menjadi domba Kristus. “Ini adalah panen besar!”
Bagi kami ini bukti bahwa Ia selalu menyertai
kami hingga akhir jaman.
abu hanan
17 Juli 2011
@teroris
Kami tidak mencari kemenangan disini.
Sedangkan kami mempunyai kewajiban diluar sana untuk mencari orang2 yang rendah hati untuk mau mendengarkan firman Allah melalui kami. Ini amanah agung dari Kristus.
begitu pula kami…
kami berkewajiban mengingatkan setiap orang baik yang rendah hati mauupun yang tinggi hati untuk menggunakan nalar dengan lurus utk menyibak kegelapan agar tidak ada yang dibodohi nafsu yang buta.
Dari kalangan anda,ada yang menerima kontradiksi Bibel dan berbagai kejanggalan sehingga meninggalkan keyakinan lama menuju terang.Tidak sedikit yg menolak karena itu urusan masing2.
Bagi kami,ini adalah bukti bahwa pembela sebenarnya untuk Isa bin Maryam dan Injil yang diturunkan padanya adalah umat Islam.
Umat Islam adalah pengikut tauhid Isa bin Maryam.
Umat Islam adalah segolongan manusia yang menolak manusia yang dituhanka hingga akhir jaman.
jack
17 Juli 2011
mane perintah yesus untuk menyampaikan ajarannya keseluruh umat manusia??????
abu hanan
19 Juli 2011
@jack
ini !!!! baru ada.Surat Abu hanan unutk Jamaah Vilaputihus 1;03 (dinihari)
“maka Aku berkata padamu;sebarkan melalui internet dengan bahasa yang engkau kuasai”
Nah,jadi kan
hh
5 Oktober 2011
Matius 28:19
Teroris
17 Juli 2011
Selama ini kami selalu menemui orang2 yang bernalar bukan orang bodoh atau gila,bung!
Mereka dengan berbagai status sosial yang berbeda, bahkan beberapa telah berani mengambilan keputusan besar utk meninggalkan kehidupan yang terdahulu, bahkan profesinya yg sdh mapan demi panggilan hati nuraninya.
Implementasi saudara bagaimana?
Mandra
17 Juli 2011
@Teroris
Anda : Sedangkan kami mempunyai kewajiban diluar sana untuk mencari orang2 yang rendah hati untuk mau mendengarkan firman Allah melalui kami. Ini amanah agung dari Kristus.
===> Bung Teror. Kenapa kami selalu mengingatkan kaum anda? Karena kami yang di luar agama anda, ketika kami membaca bible, minus surat-2 Paulus, kami menemukan banyak kejanggalan. Sebagai contoh saja, Yesus mamerintahkan muridnya hanya kepada domba Israel yang hilang, bukan kepada umat di luar itu. Dan ajarannyapun jelas, bahwa beliau mengajak hanya menyembah kepada Allah yang Esa, bukan Dwi atau Triinitas. Artinya, kami mampu menerjemahkan perkataan Yesus tersebut, bahwa ajarannya hanya ditujukan bagi orang-2 Israel saja.
Lalu kenapa ketika Yesus telah wafat (kaum anda menganggap dibangkitkan dan naik ke surga), dan malah jauh sesudahnya, beliau yang hanya penyampai pesan dari Allah SWT (Rasul), malah dianggap sebagai “Tuhan” ? Bukankah selama hidup beliau, tidak pernah terucap sedikitpun bahwa beliau mengatakan dirinya adalah Tuhan?
Lalu kenapa saya katakan di atas, bahwa kaum anda sudah terindoktrinasi oleh gereja? Karena gereja membatasi kaum anda untuk berfikir mengenai keyakinan kalian sendiri. Saya yakin, dari hati kecil anda, ketika anda membaca bible ada syak yang timbul, meskipun hanya sesaat. Hanya karena anda sudah terdoktrin bahwa anda tidak boleh mempertanyakan ayat-2 bible, maka hal itu anda lewatkan saja. Saya yakin anda adalah orang yang terdidik dengan baik. Hanya ketika berhubungan dengan keyakinan, nalar dan fikiran anda sudah anda belenggu agar tidak melanjutkan pertanyaan yang timbul di hati anda. Maka pendidikan setinggi apapun yang anda capai, belenggu pikiran anda tidak akan terlepas. Itulah indoktrinasi. Anda tidak bebas menggunakan akal dan pikiran anda. Itulah mengapa selalu kami mengingatkan agar anda menggunakan logika baru beriman, bukan beriman dulu baru gunakan logika.
Nanti saya lanjutkan bung…..
Mandra
17 Juli 2011
@Teroris
Anda : Pekerjaan dilakukan seluas dunia dengan tiada akhirnya ini tidaklah sia2, membuahkan hasil, sebab banyak juga yang terpanggil, menjadi domba Kristus. “Ini adalah panen besar!”
Bagi kami ini bukti bahwa Ia selalu menyertai kami hingga akhir jaman.
===> Ya begitulah… pekerjaan misonaris… Memberikan iming-2 kepada penduduk yang secara ekonomi dan pendidikan masih terbelakang. Padahal mereka sudah beragama, katakanlah Islam, karena keimanan mereka yang tipis sebagai akibat dari rendahnya pendidikan serta lemahnya ekonomi mereka, akhirnya mereka terjerat kepada nafsu dunia. Tapi sebaliknya, jarang bahkan tidak pernah saya mendengar seorang terpelajar beragama Islam yang tertarik dengan agama anda. Kenapa? Karena mereka menggunakan akal dan fikirannya, yang membedakan manusia dengan makhluk yang lainnya. Serta akal dan fikiran juga merupakan sebagai karunia dari Allah SWT , yang bisa membedakan mana ajaran yang benar dan mana ajaran yang sesat.
Islam bukanlah agama yang membujuk/memaksakan orang yang beragama lain untuk masuk menjadi agama Islam. Pendakwah-2 Islam tidak pernah terdengar mengintimidasi atau memberikan iming-2 kepada orang yang beragama lain, misalnya iming-2 berupa sembako bulanan atau diberikan pekerjaan. Karena kami berprinsip mengikuti firman Allah SWT dalam Alqur’an : Lakum dinnukum waliyadiin… Bagimu agamamu dan bagiku agamaku. Juga Hadits Rasullullah Muhammad SAW yang bersabda, tidak ada paksaan dalam beragama.
Kami sekedar menyampaikan satu atau dua ayat untuk syiar Islam. Bagi yang mendengar dan terketuk hatinya sehingga orang yang tadinya beragama lain ingin berhijrah ke dalam Islam, itu merupakan hidayah dari Allah SWT bagi orang tersebut. Dan imbalan bagi orang tersebut adalah syurga, sebagai upah baginya karena segera melepaskan diri dari jalan orang-2 yang musyrik.
Bagaimana bung Teror….. Anda bisa koreksi pendapat saya, jika saya salah…..
Teroris
18 Juli 2011
@Mandra,
Sekali lagi saya katakan, sesunguhnya anda tidak mengetahui kualitas dan kuantitas kami.
Mohon ma’af, bila saya berkata begitu. Mungkin dibenak umat Muslim secara generalnya seperti pendapat anda tentang Kristen dan ajarannya.
Anda tidak mengetahui siapa bangsa Israel?
Benarkah orang2 Yahudi yang berkumpul di timur tengah, yang memproklamirkan diri menjadi bangsa Israel adalah bangsa Israel yang dimaksud Kristus?
Apa kah merupakan tindakan membingungkan,bila dahulunya para Rasul2 Kristus menyebar ke mana2, sedangkan ajaran mereka hanya untuk bani Yahudi saja?
Anda juga hanya tau bahwa pengabaran injil hanya oleh misionaris2?
Sedangkan kami (hamba2) juga berkewajiban melakukannya pada siapa saja tanpa melihat kedudukan dan status sosialnya (dimata Tuhan semua sama), pada orang2 yang rendah hati dan haus/lapar rohani. Kami tidak memaksa dan berbuat anarkis.Kalaupun ada hanya sedikit yang memberikan bantuan benda/uang (pemberian adalah sekedar untuk meringankan kehidupan mereka, dan membantu mereka agar dapat memfokuskan diri dalam rohani). Kami disuruh proaktif oleh junjungan kami, bung!
Alkitab bukan kitab yang janggal, hanya saja perlu extra untuk menyimaknya bukan sekedar membaca saja.
Cara menyimak Alkitab, hanya bagi orang yang sungguh2, bung!
Alkitab ditulis dengan gaya orang2 Yahudi, yang dikenal cerdas dan menjadi maksud tujuan
Allah bagi kami agar mempelajari firmanNya dengan sungguh2 bak harta karun (Mzm.1:2: Ams.2:4), bukan sekedarnya.
حَنِيفًا
18 Juli 2011
@Budak Teroris
Bisa jawab tidak ?!
Nabi Ibrahim a.s mempunyai 2 anak laki-laki:
1. Nabi Ismail a.s di baitullah (baca: Rumah Allah) Masjidil Haram (Mekah)
2. Nabi Ishaq as. di baitullah (baca: Rumah Allah) Masjidil Aqsha (Palestina)
Apa menurut pendapat sampean ?!
Nabi Ismail a.s bersyahadat : (translate) :
“Tiada God selain Allah, dan Ibrahim itu utusan Allah “
Nabi Ishaq a.s bersyahadat : (translate) :
“Tiada God selain Allah, dan Ibrahim itu utusan Allah “
حَنِيفًا
18 Juli 2011
@Budak Telol ris
hua.ha.ha…. sampean yang super duper sukia menggeralisasi itu,
Mohon ma’af, bila saya berkata begitu. Mungkin dibenak umat Muslim secara generalnya seperti pendapat anda tentang Kristen dan ajarannya.
Anda tidak mengetahui siapa bangsa Israel?
______________
Jadi kapan neeh, sampean mau ngasih ABG PERAWAN KUDUS ?! (ceweq kristen yang sexy … hehehe )
ilham othmany
17 Juli 2011
Wahai orang-orang kafir!Kalian akan masuk neraka yang sangat panas jika mati tidak sempat bertobat.Janganlah terpedaya dengan janji-janji keselmatan palsu oleh agama yang penuh dengan kebohongan tapi coba membohongi agama Allah Tuhan semesta alam.Ucapkanlah Tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah dan Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah supaya kalian mendapat kejayaan yang abadi di akherat.Jika tidak,neraka menunggu!
ilham othmany
17 Juli 2011
Fadel Soliman was interviewed by The Dutch Jewish Christian Pastor Ben Kok in Amsterdam , in June 2010
Wahai orang-orang kafir!Kalian akan masuk neraka yang sangat panas jika mati tidak sempat bertobat.Janganlah terpedaya dengan janji-janji keselmatan palsu oleh agama yang penuh dengan kebohongan tapi coba membohongi agama Allah Tuhan semesta alam.Ucapkanlah Tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah dan Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah supaya kalian mendapat kejayaan yang abadi di akherat.Jika tidak,neraka menunggu!
ilham othmany
17 Juli 2011
Walid Shoebat and Nonie Darwish debate Muslim Scholar
Part 3 of 4
Please watch part 3 and 4 and see for yourselves what happens when liers like Nonie Darwish and Walid Shoebat face a knowledgable Muslim. These so-called “former Muslims” are taking you for a ride. Lying to you while making hundreds of thousands of dollars being used as puppets in the NWO campaign against Islam.
Wahai orang-orang kafir!Kalian akan masuk neraka yang sangat panas jika mati tidak sempat bertobat.Janganlah terpedaya dengan janji-janji keselmatan palsu oleh agama yang penuh dengan kebohongan tapi coba membohongi agama Allah Tuhan semesta alam.Ucapkanlah Tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah dan Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah supaya kalian mendapat kejayaan yang abadi di akherat.Jika tidak,neraka menunggu!
Mandra
18 Juli 2011
@Teroris.
Teroris
18 Juli 2011 : Sekali lagi saya katakan, sesunguhnya anda tidak mengetahui kualitas dan kuantitas kami.
Teroris
16 Juli 2011 : Sesungguhnya anda cs tidak banyak tau tentang kami (berikut kualitas dan kuantitasnya).
@Mandra,
Kayaknya hanya berputar2 saja, perlukah anda mendapatkan pejelasan yang sedetil dan mendalam?
===> Bung Teroris. Mohon maaf bung. Dalam waktu dua hari anda memberikan statement yang sama. Apakah saya yang berputar-2 atau anda? Saya sudah jawab statement anda tersebut di atas. Kalau anda ingin menjelaskan secara detail dan mendalam, sebagaimana statement anda, kenapa anda tidak lakukan? Justru malah anda mengajak saya berputar-2? Ayo bung…. Jangan lemah.. silahkan anda tunjukan tentang kebenaran agama anda. Perkara pertanyaan saya yang mungkin sulit bagi anda untuk menemukan kosa kata yang tepat dalam menjawab, jangan anda kembalikan kepada saya, bahwa saya hanya berputar-putar. Anda jelaskan kepada saya, dibagian mana saya hanya berputar. Bukankah kita sedang melakukan diskusi bung? Ayolah bung… Sebagai orang yang terdidik saya yakin anda bisa menjelaskan secara gamblang tentang agama anda. Saya senang diskusi dengan anda, karena belum saya temukan satupun kata caci maki yang keluar dalam tulisan anda.
Naah Bung Teror. Saya merasa terusik dengan tulisan anda tentang kualitas dan kuantitas anda dan kaum anda. Bisakah anda menjelaskan maksud dari kualitas dan kuantitas yang anda maksudkan? Mohon pencerahannya bung…..
Agar tidak panjang, saya lanjutkan di bawah…….
حَنِيفًا
18 Juli 2011
@Kang Mandra
Mantab’s tenan @Kang…
Silahken lawan cecunguk Teroris Kristen yang satu ini, biyar kita-kita gelar tikar dulu …
Subhanallah,….
Mandra
18 Juli 2011
@Kang Haniifa
He he he…. Bisa aja si akang…. Atur nuhun… Kang… Belajar dari Kang Haniifa saya…..
abu hanan
18 Juli 2011
neh orang…sini ngupi bareng barang yuk…
Mandra
18 Juli 2011
@Teroris
Lanjutan….
Anda : Anda tidak mengetahui siapa bangsa Israel?
Benarkah orang2 Yahudi yang berkumpul di timur tengah, yang memproklamirkan diri menjadi bangsa Israel adalah bangsa Israel yang dimaksud Kristus?
===> Karena anda lebih tahu tentang bangsa Israel, bisa anda jelaskan lebih lanjut, apa yang anda ketahui tentang bangsanya Yesus tersebut? Nanti kita kembangkan diskusi kita bung, supaya tidak berputar-putar seperti kata anda. OK? Tapi ingat bung, dalam konteks bible.
Anda : Apa kah merupakan tindakan membingungkan,bila dahulunya para Rasul2 Kristus menyebar ke mana2, sedangkan ajaran mereka hanya untuk bani Yahudi saja?
===> Setelah anda jelaskan tentang bangsanya Yesus dan ajaran untuk bani Yahudi, saya akan tanggapi jawaban anda.
Anda : Kami disuruh proaktif oleh junjungan kami, bung!
===> Mohon maaf bung. Untuk yang ini, tolong anda cantumkan ayatnya sekalian, khususnya ayat dari perkataan Yesus ketika beliau masih hidup di dunia ya….
Anda : Alkitab bukan kitab yang janggal, hanya saja perlu extra untuk menyimaknya bukan sekedar membaca saja.
Cara menyimak Alkitab, hanya bagi orang yang sungguh2, bung!
Alkitab ditulis dengan gaya orang2 Yahudi, yang dikenal cerdas dan menjadi maksud tujuan
Allah bagi kami agar mempelajari firmanNya dengan sungguh2 bak harta karun (Mzm.1:2: Ams.2:4), bukan sekedarnya.
===> Oke bung. Berhubung anda menyatakan bible bukanlah kitab yang janggal, yakinkah anda bahwa kitab suci yang anda yakini, bunyi ayatnya masih sama sebagaimana perkataan Yesus ketika beliau masih hidup dan anda yakin bahwa bible ditulis oleh murid-2 Yesus? Ini perlu saya tanyakan dan saya perlukan jawaban anda untuk diskusi lebih lanjut bung Teror.
abu hanan
19 Juli 2011
@teroris
Dan memang kedudukan Kitab Suci dalam agama anda tidak begitu penting.Agama anda menilai bahwa kedudukan Kitab Suci tidak lebih tinggi dari Gereja. Gereja (jemaat) adalah Tubuh Kristus, dan Kristus adalah Kepalanya.Penilaian tersebut ada berdasarkan Surat Paulus pada ;
1.Jemaat Efesus 5, antara lain ayat 23 yaitu karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.
2.Jemaat Efesus 5 ayat ,29-30 yaitu Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat,(30) karena kita adalah anggota tubuh-Nya.
3.Jemaat Kolose 1:18= Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.
Saya tidak mengetahui apakah Surat Paulus itu muncul terlebih dahulu atau ditulis menyusul setelah terbit Injil2 yang begitu banyak.
Anda akan tetap meyakini jika Paulus adalah orang suci,seorang Rasul tetapi sangat mengherankan kami jika Paulus mengatakan pada jemaat Korintus
Bisa anda jelaskan maksud dari kalimat Paulus di 6;3 diatas?
Teroris
19 Juli 2011
Mohon ma;af sebesar-besarnya……
Ulasan/diskusi Alkitab tidak lagi saya berikan disini, anjuran saudara2 seiman untuk memberikan waktu dan perhatian pada perkara2 yang lebih penting……Jadi mohon pengertiannya. Silahkan saudara2 menggelar tikar disini sementara saya pamit dulu….Terimakasih……
Mandra
20 Juli 2011
@Teroris
Waah…. sayang sekali. Betapa mudahnya anda menyerah bung. Hanya dengan pertanyaan yang semestinya bisa anda jawab, tapi malah anda hindari. Anda beralasan lebih memperhatikan hal-2 yang lebih penting dari pertanyaan-2 kami di sini. Sekali lagi, bukankah anda harus melaksanakan amanah agung dari kristus dan bersikap proaktif? Anda sudah memulainya dengan meresponse artikel Mas Wedul di atas, namun anda hentikan ketika ada pertanyaan dari muslim yang sebenarnya mudah anda jawab. Anda akhlinya toch? Atau mungkin jika ada pertanyaan yang lebih dalam lagi anda khawatir akan menggoyahkan keimanan anda? Kita berdiskusi bukan untuk menjadi pemenang atau pecundang bukan? Tapi ok lah. Kami jadi bertambah yakin, bahwa tidak ada seorangpun dari kaum anda yang mampu menjawab setiap pertanyaan muslim seputar bible dan keimanan yang kaum anda yakini. Ketika tidak dapat memberikan argumentasi yang tepat, hindari saja sambil mengatakan, ada yang lebih penting dari diskusi ini…Ok bung… terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk membaca postingan kami yang muslim di sini. Salam…
Mandra
19 Juli 2011
@Teroris
Anda sedang sibuk Bung Teror? Kalau ya, saya maklum. Mungkin begitu anda ada waktu, anda akan jawab semua pertanyaan muslim di sini. Kami menunggu ulasan anda yang cerdas tentang bible anda. Jangan lupa, bukankah anda wajib melaksanakan (saya kutip pernyataan anda): amanah agung dari Kristus.? Dan juga : Kami disuruh proaktif oleh junjungan kami, bung! … Nah…. bagaimana bung Teror? Ditunggu…..
Samaranji
30 Juli 2011
Assalamu’alaikum,,,, Mas Wedhul
Duh kangen banget rasanya….lama ga ber”tempur” di sini.
Tuk Mas Wedhul dan keluarga besarnya :
Mohon maaf, jika selama berinteraksi dng @mas wedul saya bawel
Mohon maaf jika ada kesalahan kata saya (pasti ada lah ya…)
Baik yang disengaja maupun tidak
Baik secara langsung maupun tidak langsung
Sekali lagi mohon dimaafkan.
Terimakasih share ‘ilmunya selama ini…
Marhaban Ya Romadhon 1432 H….
Salam Paseduluran dari Semarang
Haris Samaranji
Wedul Sherenian
4 Agustus 2011
@Mas Samaranji
Podho podho bro
gue juga minta maaf jika ada yang tidak berkenan
Salam buat Wingko Babat & Lunpia nya
hidupbaru.net
4 Agustus 2011
Masyyaallah
Roy Rey
9 Agustus 2011
Dul… gw mau sahur…!!!!
Mana ayam bakar gw!!!??
Wedul Sherenian
9 Agustus 2011
@Roey
udah jadi ……
Mandra
10 Agustus 2011
@Mas Wedul
Boleh juga tuh ayam bakarnya….jadi kepengen nich…. Hi hi hi….
Wedul Sherenian
11 Agustus 2011
minta aja ama si Roey.. dia tuh juragan Ayam, segala jenis ayam dia jual
حَنِيفًا
11 Agustus 2011
Kalau bijituh, sayah pesan “ayam negri” yang pakai kalung salib … biyar saya potong jalurNya !!
Wedul Sherenian
11 Agustus 2011
hehehe buat mas Hanifa, gue kasih deh. Nih lu embat.
حَنِيفًا
12 Agustus 2011
@Mas Wedul Sherenian
Makanyah buruan kawin and cari ABG atau Janda Muda, biyar tahu posisinyah… hehehe….
Wedul Sherenian
12 Agustus 2011
@Mas Haniifa
wah kalau posisi udah tahu..
, tapi kalo jodoh masih belum tahu … hihihi
Micek
12 Agustus 2011
Kesukaan Ipin, Upin…tapi kok ayamnya pake acara nungging bin njengking yak..???
@All Include Bro Wedul Kerennian
Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga selalu kuat menahan godaan makan dan minum,,, juga bisa menahan godaan paha-paha kinclong jemaat di minggu pagi yang lewat depan rumah……Saran saya pas waktu itu mending bobok aja toh bobok juga ibadah……hehehehe
Wedul Sherenian
12 Agustus 2011
sama-sama selamat menjalankan ibadah puasa juga.
don’t worry bro,…
Roy Rey
12 Agustus 2011
Ya ampun….
Pohto om @Jell yah??
Mandra
12 Agustus 2011
@Mas Wedul
Ha ha ha…. niat banget ya…. yang bikin photo…. Ayam dibuat bugil… lantas mengambil pose… open…. He he he… eh lupa.. kalo lagi puasa… Buat semuanya saudaraku muslim.. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1432 H.
Isha Merdeka
30 September 2011
Ha ha ha….dari Thomas sampai ayam nungging…
Tapi klo diperhatikan sih sptnya ayam tsb lagi ngejek kita dg mempertanyakan: apa betul itu adalah perkataan Thomas? apa betul penulis Bible benar2 menyalin sesuai naskah yang ada, apa betul naskah yang disalin benar2 asli tulisan Yohanes dst… Yah, itu semua karena Kristen adalah Keraguan!
hh
1 Oktober 2011
Saya senang berdisikusi dgn sdr2 semua, walau semua topik dan uraian yang kalian sodorkan terkesan mengada ada, mengejek, dan mencari cari kesalahan.
Kaliamat ‘Ya Tuhan(ku)’ yang diucapkan orang orang sebagai reaksi spontan terhadap kekaguman, keterkejutan, maupun kekesalan akan sesuatu yang dihadapi, tidak bisa disamakan dengan kalimat “Ya Tuhanku dan Allahku” yang diucapkon oleh Thomas.
Alasan: Kebetulan mas Wedul merujuk kepada bahasa Inggeris, perhatikanlah kata pertama dalam kalimat tersebut: ‘OH’. Kata oh yang diterjemahkan sebagai ‘ya’ dalam bahasa Indonesia bukan berarti mengiyakan atau menyetujui. Tetapi, kata ya dalam kalimat yang diucapkan oleh Thomas adalah kata mengiyakan/tanda setuju atas himbauan Yesus yang mengatakan: “Lihatlah tangan-Ku, dan taruhlah jarimu di sini. Ulurkan tanganmu dan taruhlah di lambung-Ku. Jangan ragu-ragu lagi, tetapi percayalah!”
Sangat jelas, Thomas sedang merespon himbauan Yesus, bukan karena tercengang seperti kesimpulan yang dibuat mas Wedul, karena, kalau kalau kalimat itu diucapkan sebagai rasa tercengang, tentu kalimat itu akan diucapkan saat Yesus tiba tiba muncul.
salam
hh
1 Oktober 2011
Tentu anda akan bertanya mengapa pintu-pintu terkunci?. Itu karena keberadaan Yesus sangat membahayakan bagi dirinya. Alias Yesus dan murid-muridnya takut bisa – bisa ditangkap lagi oleh Yahudi dan dibunuh lagi jika ketahuan.
=>Yoh 20:19 Pada hari Minggu itu juga, ketika sudah malam, pengikut-pengikut Yesus berkumpul di sebuah rumah dengan pintu-pintu yang terkunci, sebab mereka takut kepada para penguasa Yahudi
Hanya murid2/pengikut2 Yesus yang berkumpul disana. Perlu saya tambahkan, Penebusan sudah selesai dan penebusan itu sendiri hanya sekali, tidak berulang. Yesus yang sudah mengalahkan kematian melalui kebangkitanNya, kalian anggap takut terhadap manusia?
——–
Jadi ketika Thomas terkejut bahwa ternyata Yesus masih hidup….
=>Thomas bukannya sedang tidak percaya bahwa Yesus masih hidup, melainkan Thomas tidak percaya bahwa Yesus sudah bangkit dan berkunjung ke tempat persembunyian mereka.
———-
Kesimpulannya adalah, bahwa penyebutan Thomas dengan kalimat “Ya Tuhan (My God)’ bukan ditujukan kepada Yesus,
=>Anda sudah mengutip Yoh 20:27 …Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah, kemudian Thomas menjawab dalam ayat 28:Ya Tuhanku dan Allahku.
Himbauan saya teman teman, boleh2 saja kalian mepertanyakan itu, tetapi janganlah biarkan nalar kalian tak berguna hanya untuk kepentingan mencari kesalahan.
BOLONE WEDHUL
5 Oktober 2011
@hh
Kalau Yesus Tuhan gak usah lah pintu2 dikunci, kayak buron Teroris aja
hh
8 Oktober 2011
Perhatikan baik baik, mas Wedhul. Murid2 Yesus yang mengunci pintu, karena mereka takut sama penguasan Yahudi. Yesus datang menemui mereka saat mereka ketakutan dan mengunci pintu. Yesus tidak ikut berkumpul dengan mengunci pintu. Ok boss?
gundul
10 Oktober 2011
ah, tetep aja pintu2 akhirnya dikondisikan dalam keadaan terkunci setelah yesus datang
…. rapat rahasia kali
Domba Allah
8 Oktober 2011
emangnya lo kalo uda malam nga tutup pintu????
lo kalo mau buat link jangan suka menyudutkan kami…….
agama lo bodoh tau nga….
lo dengan tuhan lo ANJING…………
Mandra
8 Oktober 2011
@Domba Allah
Bukannya anda yang dibilang oleh Yesus sebagai anjing. Anda khan bukan domba yang tersesat dari kaum Yahudi toch?
hh
8 Oktober 2011
@Domba Allah, jangan jadi pecundang, kawan. Berdisksilah dengan baik, jangan menghina dan kasar.
gundul
10 Oktober 2011
@domba
husss…..segerombolan lelaki malem2 tutup pintu satu kamar..wah ngapain nih… hihihi
hh
10 Oktober 2011
Ndul, dari awal penangkapan Yesus di Taman Getsemani, mereka semua sudah ketakutan.
salahkah mereka? Mereka manusia biasa, Ndul. Tetapi perhatikan dengan seksama, setelah mereka mecurahan Roh Kudus, mereka tidak menghiraukan nyawa mereka. Rela berkoran dalam sagala hal demi menyampaiakn berita keselamatan itu. Bisa dimengerti sampai disini?
Salam
gundul
11 Oktober 2011
setelah mereka mecurahan Roh Kudus, mereka tidak menghiraukan nyawa mereka???. Emangnya sejak kapan roh kudus muncul?….weekss
hh
12 Oktober 2011
apa yang dimaksud dengan ‘muncul’?
Stain Remover
19 Oktober 2011
tidak bung, justru pernyataan anda sangat membingungkan…anda tidak usah jauh-jauh dalam membuat kesimpulan tentang roh kudus. Sekarang jawab saja pertanyaan saya, apa itu roh ?
hh
19 Oktober 2011
Pernyataan saya yang mana yang membingungkan anda? Kapan saya membuat kesimpulan ttg Roh Kudus? Kalau menurut anda, apa itu Roh?
Stain Remover
20 Oktober 2011
Kami umat Islam tidak berkepentingan dengan istilah roh, maka kami tidak perlu mendefinisikan roh itu. Sedang roh pada agama anda adalah bagian penting dari keimanan anda.
bagaimana mungkin agama yang selalu mengatakan ” roh kudus ” tapi tidak mengetahui makna dari roh, sungguh memalukan.
hh
20 Oktober 2011
Sepertinya anda terlalu terburu buru menanggapi saya. Saya belum pernah mengatakan bahwa saya tidak mengerti makna dari roh.
Umat Islam tidk berkepentingan dengan istilah roh? Apakah itu berarti bahwa kalian tidak punya roh? Kalau anda bilang tidak berkepentingan dengan Roh Kudus, masih masuk akal.
O ya, kalau tidak berkepentingan dengan Roh Kudus; yang dijanjikan oleh Yesus akan dikirimkan, mengapa ada teman muslim saya yang mengatakan bahwa Roh Kudus yang dijanjikan itu adalah nabi Muhammad?
salam.
Stain Remover
20 Oktober 2011
hehehe…teman muslim apa kamu sendiri yang menyatakan deemikian, kebiasaan domba memang selalu berdusta seperti yang diajarkan oleh paulus.
“Baiklah, aku sendiri tidak merupakan suatu beban bagi kamu, tetapi dalam kelicikanku aku telah menjerat kamu dengan tipu daya.” 2 Korintus 12:16
kalau aku tidak tahu tentang ruh, itu karena ada dalilnya :
Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah: “Ruh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.” ( Al Israa’ : 85 )
apakah Roh Kudus tinggal pada setiap orang kristen ? ingat pertanyaan saya adalah roh kudus
hh
27 Oktober 2011
hehehe…teman muslim apa kamu sendiri yang menyatakan deemikian
=>Teman saya yang muslim yang mengatakan itu, mas Stain.
—————
kebiasaan domba memang selalu berdusta seperti yang diajarkan oleh paulus.
=>Boleh berikan salah satu dusta domba itu?
—————–
“Baiklah, aku sendiri tidak merupakan suatu beban bagi kamu, tetapi dalam kelicikanku aku telah menjerat kamu dengan tipu daya.” 2 Korintus 12:16
=>Kamu sendirilah sesungguhnya manusia licik. Ingin mengelabui kaum muslim yang awam dengan cara mengutip ayat alkitab, yang dengan sengaja di belokkan.
2 Kor 12:16 inilah yang dengan licik kalian manupulasi.
Perhatiakan baik2 apa isi dari ayat tersebut:
***(16) Baiklah, aku sendiri tidak merupakan suatu beban bagi kamu, tetapi–kamu katakan–dalam kelicikanku aku telah menjerat kamu dengan tipu daya***.
Dari pengertian ayat diatas, orang lainlah yang mengatakan bahwa: dengan kelicikan, Paulus telah menjerat mereka dengan tipu daya, bukan pengakuan dari Paulus bahwa dia dengan licik menjerat orang lain dengan tipu daya.
—————
kalau aku tidak tahu tentang ruh, itu karena ada dalilnya :
Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah: “Ruh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.” ( Al Israa’ : 85 )
=>Anda berhak mempercaya akan isi Alkuran anda. Saya tidak mengomentari anda dalam hal itu.
————–
apakah Roh Kudus tinggal pada setiap orang kristen ?
=>Roh Kudus akan tinggal pada setiap orang yang menerimaNya. Orang kisten yang berbuat dosa, telah menolak kehadiran Roh Kudus dalam dirinya.
______________
ingat pertanyaan saya adalah roh kudus
=>Ya. Saya ingat.
salam
Mandra
26 Oktober 2011
@hh
Anda : mengapa ada teman muslim saya yang mengatakan bahwa Roh Kudus yang dijanjikan itu adalah nabi Muhammad?
===> Teman muslim anda yang mana…. Saya kok tidak menganggap demikian. Bagi saya dan muslim yang lain, sudah jelas, bahwa menurut kesepakatan para ulama dalam menafsirkan Alquran tentang Roh Kudus, adalah Malaikat Jibril.
hh
27 Oktober 2011
Mereka adalah teman dekat saya. Banyak blog yang mengemuakakan hal itu, penghibur yang dijanjikan itu (Roh Kudus) adalah Nabi Muhammad. Anda boleh mencarinya.
Mandra
20 Oktober 2011
@hh
Anda : Tetapi perhatikan dengan seksama, setelah mereka mecurahan Roh Kudus, mereka tidak menghiraukan nyawa mereka. Rela berkoran dalam sagala hal demi menyampaiakn berita keselamatan itu
===> Boleh tanya bung hh. Apa perbedaan orang yang kecurahan Roh Kudus dengan yang tidak? Anda mengatakan murid Yesus tidak menghiraukan nyawa demi menyampaikan berita keselamatan, pengorbanan seperti apa yang mereka lakukan? Toch ketika Yesus ditangkap, tidak ada satupun batang hidung murid Yesus yang mendampingi beliau hingga disalib.
hh
27 Oktober 2011
===> Boleh tanya bung hh =>Boleh, Bung Mandra.
Apa perbedaan orang yang kecurahan Roh Kudus dengan yang tidak?
=>Murid2 Yesus sebelum mendapat kecuaraha Roh Kudus, mereka berkumpul bersama dalam rumah yang terkunci rapat. Setelah kecurahaa Roh Kudns, mereka tidak lagi bersembunyi, mereka dengan berani mengahadapi segala resiko.
Anda mengatakan murid Yesus tidak menghiraukan nyawa demi menyampaikan berita keselamatan, pengorbanan seperti apa yang mereka lakukan?
=>Mereka mengorbankan nyawa mereka demi menyampaikan Injil, berita keselamatan itu..
Hanya satu dari murid2 itu yang mati wajar karena tua, selainnya di eksekusi dengan berbagai cara.
Toch ketika Yesus ditangkap, tidak ada satupun batang hidung murid Yesus yang mendampingi beliau hingga disalib.
=> Ya! Pada saat penangkapan Yesus di taman Getsemane, mereka semua ketakuan, terpencar.
==>Setelah Yesus naik ke surga, barulah mereka mendapat kecurahan Roh Kudus, sesuai janji Yesus.
bogang
18 Oktober 2011
mungkin konsep wihdatul wujud dari alhallaj…ya dri ini bersatunya tuhan dengan hamba…
tapi soal anak beranak semua agama semitik menyatakan tidak beranak dan diperanakkan semua.. perasaan.. walu dengan bahsa yg lain tp tendensinya ya gak manak apalagi membuat anak… perasaan yg ada hanya menciptakan makluk, itu kira2 ya… dan semua nabi dan rosul kayaknya sama dari mnusia semua, kayaknya… bahkand ijaman musa dulu tuhan bercakap katanya, tp musa jg g pernah memanggil kakek, bapak, pak de, paklik.. ini perasaan saya aja… jg menurut perasaan saya saj.. TUhan ya tuhan apapun namanya…. ghubungannya dengan manusia bukan hubungan kekeluargaan.. hubungannya yaitu pencipta dan yg disiptakan perasaan.. enathlak banyak orang pinter koq.. wong aku bodoh.. gtu aj koq repot…… buat sodaraku yang mo panggil bapak ma Tuhan panggilah.. yg mau panggila namanya apapun namanya panggillah, yg g mau mangil sam sekali ya jgn panggil.. beres… hanya satu disetiap utusan mulai adam sampai muhammad.. atau kalou masih ada lg yg mau klim nabi… satu yg g berubah… Tuhan menyuruh menyembahnya, beribadah, dan kepada hal yg baik2 doang…. kayaknya…
shogun110tromol
26 Oktober 2011
Terserah dahh……kepercayaan orang lain kok dipermasalahkan
dikasihtau kayak apa juga ttep ngotot, jadi silakan saja, kita aja gak pernah ngeributi agama kalian
Mandra
26 Oktober 2011
@shogun
Bukan kami permasalahkan bung. Tapi meluruskan. Bahwa jalan yang anda tempuh adalah jalan setan….
shogun110tromol
28 Oktober 2011
wahh…..memangnya anda Tuhan? sampai bisa mengatakan demikian? apakah anda tahu segalanya? sampai bisa menjustifikasi demikian…
kebenaran itu kan menurut anda….makanya kami tak pernah mempermasalahkan apa yang bertentangan di agama anda dengan agama kami, karena yang tahu kebenaran sejati hanya Tuhan…….
Time will tell laghh
Stain Remover
28 Oktober 2011
bila ada 100 agama didunia ini, mungkinkah menurut anda ada 100 tuhan ?
shogun110tromol
2 November 2011
gak pernah ada tuh yang namanya beratus2 Tuhan, Tuhan itu satu, representasinya berbeda2….
biasanya kan anda tuh yang bilang klo Tuhan kami berbeda dengan kalian? bukankah begitu?
Mandra
2 November 2011
@Shogun
Kenapa tidak membahas sesuai topik saja? Masuk arena dong… Jelaskan pengetahuan anda tentang bible yang anda yakini sebagi kitab suci, bagaimana?
shogun110tromol
2 November 2011
saya belum merasa pantas untuk membahas Alkitab, saya ini masih kurang pengetahuan lho, beda dengan yg komen2 disini, ahli agama semuah
kaburrr…………
Mandra
27 Oktober 2011
@hh
Anda : Murid2 Yesus sebelum mendapat kecuaraha Roh Kudus, mereka berkumpul bersama dalam rumah yang terkunci rapat. Setelah kecurahaa Roh Kudns, mereka tidak lagi bersembunyi, mereka dengan berani mengahadapi segala resiko.
===> Masih absurd menurut saya. Yang saya pertanyakan perbedaan orang yang kecurahan Roh Kudus dengan yang tidak, bagaimana ciri-2nya? Dan apakah Yesus
mengajarkan tentang kecurahan Roh Kudus?
hh
27 Oktober 2011
Sebenarnya, dengan contoh murid2 Yesus itu, saya sudah menjawab pertanyaan mas Mandra. Yang tidak mendapat kecurahan Toh Kudus merasa takut takut.
Apkah Yesus mengajarkan ttg kecurahan Roh Kudus? Yesus sendiri yang menjanjikan dan yang mengutusNya
Stain Remover
28 Oktober 2011
@hh : Teman saya yang muslim yang mengatakan itu, mas Stain.
-jawab——–> ???
@hh : Boleh berikan salah satu dusta domba itu?
jawab——–> paulus dari tarsus.
“Baiklah, aku sendiri tidak merupakan suatu beban bagi kamu, tetapi dalam kelicikanku aku telah menjerat kamu dengan tipu daya.” 2 Korintus 12:16
Dari pengertian ayat diatas, orang lainlah yang mengatakan bahwa: dengan kelicikan, Paulus telah menjerat mereka dengan tipu daya, bukan pengakuan dari Paulus bahwa dia dengan licik menjerat orang lain dengan tipu daya.
jawab——–> andalah yang tidak paham tentang isi ayat itu, begini :
paulus memang menceritakan bahwa ada orang lain mencurigainya dengan tipu daya, dan kecurigaan orang lain itu ia tuangkan dalam tulisannya. bukankah tidak ada asap bila tidak ada api ?
kata paulus :
Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: “tidak ada seorangpun yang dibenarkan” oleh karena melakukan hukum Taurat.(Galatia 2:16)
kata yesus :
“Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku (Yesus) datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.
Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.(Matius 5:17-18)
Bahkan salah satu person tuhan trinitas tdk dikenal oleh murid Yohanes Pembaptis sekalipun!! Bacalah ayat
Kisah Para Rasul 19:2 :
“SUDAHKAH KAMU MENERIMA ROH KUDUS KETIKA KAMU MENJADI PERCAYA?” AKAN TETAPI MEREKA MENJAWAB DIA: “BELUM, BAHKAN KAMI BELUM PERNAH MENDENGAR, BAHWA ADA ROH KUDUS”. (KIS. 19:2).
Kesimpulannya istilah Roh Kudus tdk dikenal pd masa Yohanes Pembaptis. Kalau memang Yohanes Pembaptis itu tuhannya adalah Tuhan Trinitas, sudah pastii murid-murid nya mengetahui tentang roh kudus. Dengan demikian, dpt disimpulkan bhw tuhan trinitas benar ide agama berhala yg diadopsi oleh kristen.
@hh : Roh Kudus akan tinggal pada setiap orang yang menerimaNya. Orang kisten yang berbuat dosa, telah menolak kehadiran Roh Kudus dalam dirinya.
jawab——–> tahukah anda bung, jawaban anda sebenarnya menyatakan tidak semua orang kristen menerima roh kudus.
hh
29 Oktober 2011
Mr. Remover,
=>Teman muslim yang saya maksudkan adalah tetangga saya, kenalan saya, dan teman kerja saya. Adakalanya diskusi kami mengarah ke sana bahwa Roh (penghibur) yang dijanjikan itu adalah Nabi Muhammad.
Dan, sering saya menjawabnya dengan: Roh itu ya Roh, tidak terdiri dari daging dan darah. Nabi Muhammad bukan Roh, karena terdiri dari daging dan darah.
——-
“Baiklah, aku sendiri tidak merupakan suatu beban bagi kamu, tetapi dalam kelicikanku aku telah menjerat kamu dengan tipu daya.” 2 Korintus 12:16
=>Mr. Remover, Saya telah tuliskan isi dari 2 Kor 12:16 dengan benar, tetapi anda kembali menuliskannya salah dengan membuang beberapa kata dari sana.
Apa maksudnya mas?
————–
–> andalah yang tidak paham tentang isi ayat itu, begini :
paulus memang menceritakan bahwa ada orang lain mencurigainya dengan tipu daya, dan kecurigaan orang lain itu ia tuangkan dalam tulisannya.
=>Sebenarnya kalimat kita sama artinya. Perhatikanlah apa yang saya tulis:
orang lainlah yang mengatakan bahwa: dengan kelicikan, Paulus telah menjerat mereka dengan tipu daya.
Jadi, bukan Paulus yang mengaku telah menipu dengan licik, tetapi mengutarakan tuduhan orang lain.
————
bukankah tidak ada asap bila tidak ada api ?
=>Apinya adalah ketidak fahaman orang banyak akan pengajaran yang dibawakan oleh Paulus. Karena tidak mengerti dengan baik, maka mereka menganggap itu sebagai suatu tipuan.
———–
kata paulus : Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: “tidak ada seorangpun yang dibenarkan” oleh karena melakukan hukum Taurat.(Galatia 2:16)
kata yesus :“Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku (Yesus) datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.(Matius 5:17-18)
=>Begini maksudnya, pak Remover.
Mari perhatikan kata ‘dibenarkan’.
Dibenarkan artinya: dianggap benar. Kalau seseorang sudah dianggap benar karena dibenarkan, maka kesalahannya tidak diperhitungkan lagi.
Karena sudah berdosa, manusia tidak lagi berkenan dihadapan Kemahasucian Tuhan. Tentu akibatnya adalah kematian kekal.
Dengan pembenaran, maka manusia boleh terhindar dari hukuman kematian kekal yang akan diberlakukan kelak, dan kembali berkenan (benar) dihadapan Tuhan, dan dapat memperoleh kembali kehidupan kekal yang sudah hilang akibat berdosa.
Ada dua hal pokok yang dilakukan oleh Yesus agar manusia dapat dibenarkan:
1. Sebagai manusia, Yesus tidak melakukan dosa.
Ketidakberdosaan/kebenaran Yesus inilah yang akan menutupi keberdosaan manusia, sehingga layak dihadapan Kemahasucian Tuhan.
2. Yesus mati untuk melakukan penebusan.
Akibat dosa, manusia akan dibinasakan dengan kematian kekal. Untuk kematian kekal inilah Yesus mati sebagai ganti orang berdosa mengalaminya.
Nah, inilah yang dimaksudkan oleh paulus bahwa manusia hanya dapat dibenarkan oleh iman dalam Kristus Yesus.
Dengan beriman dalam kematian dan kebangkitan Kristus, seseorang telah ikut mengalami kematian kekal akibat dosa, dan telah bangkit bersama Yesus dari kematian kekal tersebut menuju kepada kehidupan kekal yang akan diberikan kelak.
Setelah terlepas dari pehukuman kematian kekal, maka, semua orang yang telah beriman kepada Kristus akan dibungkus oleh kebenaran Kristus menuju Kemahasucian Tuhan.
Sangat jelas sekarang, Mr. Remover, manusia dapat dibenarkan dari keberdosaannya, hanyalah dengan beriman kepada Yesus Krstus. Bukan dengan melakukan Taurat.
Dengan pengertian diatas, apakah masih berlaku hukum taurat?
Jawabnya adalh : Masih Berlaku!
Dengan jelas Yesus berkata: Kalau kamu mengasihi Aku (beriman kedapa Ku), kamu akan melakukan segala perintahku.
Perintah-perintah Tuhan ada terdapat dalam Hukum Taurat.
Kesimpulan: Orang orang yang berhak dalam pembenaran (yang dapat dibenarkan), adalah orang orang melakukan Hukum Taurat. Tidak secara otomatis semua orang akan mendapat pembenaran. Tidak.Yang tidak melakukan kehendak Tuhan, tidak beroleh pembenaran. Bagaimana mungkin seseorang dapat dikatakan beriman tanpa melakukan perintahNya?
_________________
Bahkan salah satu person tuhan trinitas tdk dikenal oleh murid Yohanes Pembaptis sekalipun!! Bacalah ayat Kisah Para Rasul 19:2 :
“SUDAHKAH KAMU MENERIMA ROH KUDUS KETIKA KAMU MENJADI PERCAYA?” AKAN TETAPI MEREKA MENJAWAB DIA: “BELUM, BAHKAN KAMI BELUM PERNAH MENDENGAR, BAHWA ADA ROH KUDUS”. (KIS. 19:2).
Kesimpulannya
istilah Roh Kudus tdk dikenal pd masa Yohanes Pembaptis.
=>Peistiwa dalam Kis 19:2 tidak terjadi pada masa Yohanes Pembabtis, tetapi jauh setelah itu, dan terjadi kepada orang orang non Yahudi, yaitu di Epesus. Dalam hal ini, babtisan yang diperoleh oang2 Epesus tersebut adalah babtisan Yohanes, maka Paulus menyarankan agar mereka dibabtis dengan babtisan yang diajarkan oleh Yesus.
————-
Kalau memang Yohanes Pembaptis itu tuhannya adalah Tuhan Trinitas, sudah pastii murid-murid nya mengetahui tentang roh kudus.
=>Ada dua kemungkinan: 1. Tidak tau karena belum diajarkan. 2. Sudah tau tatapi belum mengajarkan kepada orang2 Epesus.
—————-
Dengan demikian, dpt disimpulkan bhw tuhan trinitas benar ide agama berhala yg diadopsi oleh kristen.
=>Kristen artinya pengkut Kristus, yaitu orang orang yang menerima dan mengimani penebusan yang dilakukan oleh Kristus. Kristus sendiri yang menegaskan bahwa Tuhan ada tiga person melalui pesanNya agar murid2Nya membabtis dalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Kristus juga sudah mengatakan bahwa Dia di utus oeh Bapa, dan Kristus akan mengutus Roh Kudus.
Nah, ketiga person dari Tuhan inilah yang belakangan disebut sebagai Trinitas.
____________
@hh : Roh Kudus akan tinggal pada setiap orang yang menerimaNya. Orang kisten yang berbuat dosa, telah menolak kehadiran Roh Kudus dalam dirinya.
jawab——–> tahukah anda bung, jawaban anda sebenarnya menyatakan tidak semua orang kristen menerima roh kudus.
Harus kita batasi apa arti menerima itu, mas Remover.
Menerima akan keberadaan Roh Kudus, semua orang kristen menerimaNya.
Menerima akan kehadiran Rohs Kudus dalam dirinya, tidak semua orang kristen menerimanya sepanjang waktu. Ada kalanya menerima, ada kalanya menolak.
Salam
Stain Remover
29 Oktober 2011
Mr. hh,
=>Teman muslim yang saya maksudkan adalah tetangga saya, kenalan saya, dan teman kerja saya. Adakalanya diskusi kami mengarah ke sana bahwa Roh (penghibur) yang dijanjikan itu adalah Nabi Muhammad.
Dan, sering saya menjawabnya dengan: Roh itu ya Roh, tidak terdiri dari daging dan darah. Nabi Muhammad bukan Roh, karena terdiri dari daging dan darah.
———–>jawab : setiap makhluk ciptaan tuhan terdiri atas roh. anda bisa bayangkan bila manusia tidak mempunyai roh.
Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur. ( As Sajdah : 9 )
@hh =>Mr. Remover, Saya telah tuliskan isi dari 2 Kor 12:16 dengan benar, tetapi anda kembali menuliskannya salah dengan membuang beberapa kata dari sana.
Apa maksudnya mas?
———–>jawab :
kata mana yang dibuang ? apakah berpengaruh terhadap maknanya ?
@hh : Jadi, bukan Paulus yang mengaku telah menipu dengan licik, tetapi mengutarakan tuduhan orang lain.
———–>jawab :
orang lain telah mencium bau tak sedap terhadap paulus, sehingga dia menjadi tersangka dari orang-orang yang mencurigainya sebagai penipu.
@hh : Apinya adalah ketidak fahaman orang banyak akan pengajaran yang dibawakan oleh Paulus. Karena tidak mengerti dengan baik, maka mereka menganggap itu sebagai suatu tipuan.
———–>jawab :
bukan, apinya adalah dia telah banyak menyimpangkan ajaran yesus sebenarnya.
@hh : Mari perhatikan kata ‘dibenarkan’.
Dibenarkan artinya: dianggap benar. Kalau seseorang sudah dianggap benar karena dibenarkan, maka kesalahannya tidak diperhitungkan lagi.
———–>jawab :
berarti tidak berguna lagi manusia berbuat baik, karena semua sudah dianggap benar. bukan begitu ?
@hh : Karena sudah berdosa, manusia tidak lagi berkenan dihadapan Kemahasucian Tuhan. Tentu akibatnya adalah kematian kekal. Dengan pembenaran, maka manusia boleh terhindar dari hukuman kematian kekal yang akan diberlakukan kelak, dan kembali berkenan (benar) dihadapan Tuhan, dan dapat memperoleh kembali kehidupan kekal yang sudah hilang akibat berdosa.
———–>jawab :
kematian sudah ada, jauh sebelum yesus melakukan penebusan. Dan bagaimana dengan nasib manusia sebelum ada penebusan ?
@hh : Ada dua hal pokok yang dilakukan oleh Yesus agar manusia dapat dibenarkan:
1. Sebagai manusia, Yesus tidak melakukan dosa.
Ketidakberdosaan/kebenaran Yesus inilah yang akan menutupi keberdosaan manusia, sehingga layak dihadapan Kemahasucian Tuhan.
———–>jawab : Yesus pernah mencuri keledai, dan mengobrak -abrik dagangan orang lain.
29) Ketika Ia telah dekat Betfage dan Betania, yang terletak di gunung yang bernama Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya (30) dengan pesan: “Pergilah ke kampung yang di depanmu itu: Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan mendapati seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah ke mari. (31) Dan jika ada orang bertanya kepadamu: Mengapa kamu melepaskannya? jawablah begini: Tuhan memerlukannya.” (32) Lalu pergilah mereka yang disuruh itu, dan mereka mendapati segala sesuatu seperti yang telah dikatakan Yesus. (33) Ketika mereka melepaskan keledai itu, berkatalah orang yang empunya keledai itu: “Mengapa kamu melepaskan keledai itu?” (34) Kata mereka: “Tuhan memerlukannya.” (35) Mereka membawa keledai itu kepada Yesus, lalu mengalasinya dengan pakaian mereka dan menolong Yesus naik ke atasnya.
yesus juga pernah berlaku anarki terhadap para pedagang yang mencari nafkah :
1:15 Lalu tibalah yesus dan murid-muridnya di bait Allah, mulailah ia mengusir orang-orang yang berjual beli di halaman bait Allah, Meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati dibalikkan-nya
@hh : Akibat dosa, manusia akan dibinasakan dengan kematian kekal. Untuk kematian kekal inilah Yesus mati sebagai ganti orang berdosa mengalaminya.
———–>jawab : Tidak layak manusia berdosa, menebus dosa manusia
@hh : Nah, inilah yang dimaksudkan oleh paulus bahwa manusia hanya dapat dibenarkan oleh iman dalam Kristus Yesus.
———–>jawab : tapi tidak menurut yesus :
Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. (Matius 5:20)
@hh : Dengan beriman dalam kematian dan kebangkitan Kristus, seseorang telah ikut mengalami kematian kekal akibat dosa, dan telah bangkit bersama Yesus dari kematian kekal tersebut menuju kepada kehidupan kekal yang akan diberikan kelak.
———–>jawab : pernyataaan anda dapat dibantah :
Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya. Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya. ( Yeheskiel 18:20 )
@hh : Setelah terlepas dari pehukuman kematian kekal, maka, semua orang yang telah beriman kepada Kristus akan dibungkus oleh kebenaran Kristus menuju Kemahasucian Tuhan.
Sangat jelas sekarang, Mr. Remover, manusia dapat dibenarkan dari keberdosaannya, hanyalah dengan beriman kepada Yesus Krstus. Bukan dengan melakukan Taurat.
———–>jawab : itu kata paulus bukan kata yesus, sebenarnya anda mengikuti siapa paulus atau yesus.
@hh : Dengan pengertian diatas, apakah masih berlaku hukum taurat?
Jawabnya adalh : Masih Berlaku!
Dengan jelas Yesus berkata: Kalau kamu mengasihi Aku (beriman kedapa Ku), kamu akan melakukan segala perintahku.
———–>jawab : anda katakan taurat masih berlaku, tetapi anda tidak mengikuti apa kata taurat. Jadi taurat itu seperti apa dimata anda, hanya pajangan ?
@hh : Perintah-perintah Tuhan ada terdapat dalam Hukum Taurat.
Kesimpulan: Orang orang yang berhak dalam pembenaran (yang dapat dibenarkan), adalah orang orang melakukan Hukum Taurat.
Tidak secara otomatis semua orang akan mendapat pembenaran. Tidak.Yang tidak melakukan kehendak Tuhan, tidak beroleh pembenaran. Bagaimana mungkin seseorang dapat dikatakan beriman tanpa melakukan perintahNya?
———–>jawab :
sebaiknya anda telusuri jawaban anda, bertentangan atau tidak dengan pernyataan anda sebelumnya.
ini kata anda, masih dalam komentar yang sama :
“Sangat jelas sekarang, Mr. Remover, manusia dapat dibenarkan dari keberdosaannya, hanyalah dengan beriman kepada Yesus Krstus. Bukan dengan melakukan Taurat.”
@hh : Ada dua kemungkinan: 1. Tidak tau karena belum diajarkan. 2. Sudah tau tatapi belum mengajarkan kepada orang2 Epesus.
———–>jawab :
bung tolong jangan diulang penyakit lama anda yaitu berandai-andai. maka saya anggap anda memang tidak tahu bahwa roh kudus tidak dikenal.
@hh : Kristen artinya pengkut Kristus, yaitu orang orang yang menerima dan mengimani penebusan yang dilakukan oleh Kristus. Kristus sendiri yang menegaskan bahwa Tuhan ada tiga person melalui pesanNya agar murid2Nya membabtis dalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Kristus juga sudah mengatakan bahwa Dia di utus oeh Bapa, dan Kristus akan mengutus Roh Kudus.
———–>jawab : Dari segi praktek anda lebih banyak menjadi pengikut paulus ketimbang yesus yang anda tuhankan.
@hh : Nah, ketiga person dari Tuhan inilah yang belakangan disebut sebagai Trinitas.
———–>jawab : sorry…masih ada person yang tidak dikenal…
@hh : Harus kita batasi apa arti menerima itu, mas Remover.
Menerima akan keberadaan Roh Kudus, semua orang kristen menerimaNya.
Menerima akan kehadiran Rohs Kudus dalam dirinya, tidak semua orang kristen menerimanya sepanjang waktu. Ada kalanya menerima, ada kalanya menolak.
———–>jawab : pikirkan jawaban anda sendiri diatas saling bertentangan atau tidak.
Salam
Mandra
28 Oktober 2011
@hh
Anda : Murid2 Yesus sebelum mendapat kecuaraha Roh Kudus, mereka berkumpul bersama dalam rumah yang terkunci rapat. Setelah kecurahaa Roh Kudns, mereka tidak lagi bersembunyi, mereka dengan berani mengahadapi segala resiko.
===> Jika pintu rumah terkunci rapat-2, bagaimana Yesus bisa masuk? Ini masih teka-teki bagi saya bung. Bagaimana bentuk Yesus ketika dibangkitkan? Atau seperti apa wujud Yesus ketika dibangkitkan? Apakah dalam bentuk Roh atau masih seperti sebelum di salib?
hh
29 Oktober 2011
Jika pintu rumah terkunci rapat-2, bagaimana Yesus bisa masuk?
=>Tentu, dengan KemahakuasaanNya.
Bagaimana KemahakuasaanNya bekerja? Tentu kita manusia tidak dapat menyelaminya. Itu bukan bagian kita. Yang menjadi bagian kita adalah: Turut PerintahNya. Kasih Dia dan sesama.
Ini masih teka-teki bagi saya bung
=>Semoga teka tekinya terjawab, mas Mandra.
.Bagaimana bentuk Yesus ketika dibangkitkan? Atau seperti apa wujud Yesus ketika dibangkitkan? Apakah dalam bentuk Roh atau masih seperti sebelum di salib?
=>Karena yang mati adalah manusia, maka yang bangkit adalah manusia, sebab kematian dan kebangktanNya adalah untuk kepentingan manusia, agar manusia mengalami hukuman itu bersama Yesus, dan bangkit bersama Yesus mengalahkan kematian itu.
Ketika Yesus masuk ke dalam ruangan terkunci itu, Yesus berkata keapada semua muridNya: Lihatlah tanganKu dan kakiKu, Aku sendirilah ini. Rabalah dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya.
salam
Mandra
28 Oktober 2011
@hh
Anda : Apkah Yesus mengajarkan ttg kecurahan Roh Kudus? Yesus sendiri yang menjanjikan dan yang mengutusNya.
===> Tolong berikan dalilnya bung.
hh
29 Oktober 2011
Yohanes 16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.
DENOK DEBLUNG
31 Oktober 2011
@HH
Baca juga ini :
http://vilaputih.wordpress.com/2010/09/23/2010/10/11/ramalan-datangnya-nabi-muhammad-di-injil-secara-matematis/
DENOK DEBLUNG
31 Oktober 2011
@HH
Soal Roh dan Penghibur kamu kesini aja (baca sampai akhir) :
http://vilaputih.wordpress.com/2010/09/23/2009/09/15/muhammad-dalam-injil/
Mandra
2 November 2011
@hh
Jadi yang dimaksud penghibur adalah Roh Kudus? Apakah Si Penghibur merupakan hasil pembelahan diri Yesus atau Bapa? Kenapa ayat Yoh 16:7 bertentangan dengan Yoh. 14:26? Dalam Yoh. 16;27 yang mengutus adalah Yesus sedangkan dalam Yoh. 14:26 yang mengutus Roh kudus adalah Bapa. Yang mana yang benar ?
Yoh. 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
DENOK DEBLUNG
31 Oktober 2011
@HH
Soal Roh dan Penghibur kamu kesini aja (baca sampai akhir) :
http://vilaputih.wordpress.com/2010/09/23/2009/09/15/muhammad-dalam-injil/
Mandra
2 November 2011
@hh
Anda : =>Karena yang mati adalah manusia, maka yang bangkit adalah manusia, sebab kematian dan kebangktanNya adalah untuk kepentingan manusia, agar manusia mengalami hukuman itu bersama Yesus, dan bangkit bersama Yesus mengalahkan kematian itu.
===> Anda yakin dengan pernyataan anda bung hh?
Mandra
2 November 2011
@hh
Ulangi : Anda : Anda : =>Karena yang mati adalah manusia, maka yang bangkit adalah manusia, sebab kematian dan kebangktanNya adalah untuk kepentingan manusia, agar manusia mengalami hukuman itu bersama Yesus, dan bangkit bersama Yesus mengalahkan kematian itu.
===>Jadi Yesus bersandiwara atas kematiannya? Berarti tidak mati dong. Anda ini bagaimana cara menjawabnya. Yang mati di salib adalah Manusia Yesus. Yang bangkit dari kematian juga Manusia Yesus. Lantas kenapa harus dianggap mati? Aya-2 wae jawaban anda ini. Memangnya kami-2 ini anak kecil bung… He he he….
Anda menjawab saya : Jika pintu rumah terkunci rapat-2, bagaimana Yesus bisa masuk?
=>Tentu, dengan KemahakuasaanNya.
Bagaimana KemahakuasaanNya bekerja? Tentu kita manusia tidak dapat menyelaminya. Itu bukan bagian kita. Yang menjadi bagian kita adalah: Turut PerintahNya. Kasih Dia dan sesama.
===> Kalau Yesus menggunakan kemahakuasaannya, kenapa bisa disalib? Apakah tidak ada kematian yang lebih terhormat dari pada disalib? Bukankah orang yang disalib adalah terkutuk? Dan apakah Yesus juga mati di salib karena terkutuk? Hi hi hi…. Kok aneh ya… anda malah menyembah manusia terkutuk ya….