menurutku semua orang yang bertauhid pada Allah dan memelihara agama Allah. Bisa untuk Muslim atau agama lain yang secara Tauhid benar. Yang berhak lebih condong ke Muslim
Muslim pastilah Islam tetapi Islam belum tentu muslim
Di AlQuran disebut “Hai orang2 yang beriman”==>Iman pada Allah==>Muslim.
Israel… bisa gak dibilang agama tauhid?
Setau saya sih mereka menyembah 1 tuhan (YHWH)… mereka sangat menghormati YHWH.. Bahkan mereka sampe2 ga berani menyebutkan, buat nulisnya aja kudu ati2..?
Israel yang mana dulu?. Musa, Daud, Yesus itu juga Israel…dan pengikut mereka juga Israel. Tetapi apa semua Israel pengikut para nabi???. hanya sedikit. Berapa banyak kaum Israel yang nyembah Tuhan lain dijaman Musa…demikian Juga dijaman Yesus
yang sekarang samar-samar . Tapi kayaknya mereka lebih suka memakai Talmud daripada Taurat (Taurat juga udah gak dijamin keasliannya). Nah Talmud itu lebih banyak perkataan mereka sendiri daripada Firman Allah. Boleh dibilang Talmud bukanlah firman Allah pada Musa.
Isi Talmud banyak rasisnya, apalagi yang isinya penghinaan terhadap Yesus (Nabi Isa) juga Maryam.
Bos wedul … bener jga sih, tanah tsb tanah yg dijanjikan tuhan melalui Musa. Mereka menanti kedatangan mesias yang tak kunjung tiba (Ga bakal dateng kali ye…).
Mesias itu kan kata universal, yang bisa berarti penyelamat. Sebenarnya sudah berkali2 mesias datang antara lain Yesus. Sebelumnya ada Daud dll. Nah dari konsep Tauhid, nabi Muhammad dengan ajaran murninya dari Allah merupakan Mesias juga. Bukankah Yerusalem itu damai dijaman Muslim berkuasa . Bahkan Kristen pun ikut menikmatinya .
Ketika Kana’an jatuh ketangan non Muslim (menurut sejarah), tak ada kedamaian disana
Ada menilai kitab suci (Perjanjian Lama) yang sudah ada ribuan tahun ada sebelum Alquran.
kalau anda sungguh mengangungkan Alquran, saya harap anda dapat menjawab satu pertanyaan sederhana ini berdasarkan apa yang ditulis di Alquran:
Pertanyaannya adalah.
SIAPAKAH NAMA IBU ISMAEL?
Mas Wedul yang baik tolong berikan “pencerahanmu”
hehehehehe
“Yang perampok (Muslim) belum tentu menang, yang menanglah (Israel) yg perampok”
“Pemenang (perampok) bisa menjadi kalah, yang kalah bisa menjadi pemenang (perampok)”
“Hak” adalah cara terakhir bagi si kalah utk membela dirinya”
.
.
Kamu membunuh ayam utk dimakan, maka kamu menjadi pemenang. Si ayam yg kalah pasti mengatakan si pemenang (manusia) merampok hak utk hidupnya. Itulah warna-warni kehidupan.
Maka selalu-lah menjadi si pemenang dengan resiko dikatakan perampok oleh si kalah.
Yahudi adalah bangsa kekasih Allah
buktinya ratusan Nabi diutus terhadapNya
seperti Bapa sayang pad ANaknya, mau durhaka kek tetap Kasih Allah Tiada bertaraa.
Sudahlah jgn saling berdebat. kita di sini ada dlm rangka tukar pikiran, bkn utk b’silat lidah. memang tanah Kanaan di peruntukkan bagi Ibrahim dan keturunannya, benar seperti yg di katakan mas Wedul. Dan itu ada dlm Kej 17:8. Dan ini pun benar bahwa Tanah itu hanya di wariskan bagi yg beriman. Pertama mmg adalah dari keturunan Ishaq yang berakhir pd Isa as. Tetapi ketika mrka sdh lepas dari ketentuan itu, maka janji Tuhan ini sdh lepas dr mrka. Dan selanjutnya tibalah bagi keturunan Bani Ismail…
Kitab Kejadian itu salah satu dari kitab Taurat Musa loh pak…. dan Kata mas WEDUL kitab Taurat udah gak dijamin keasliannya loh hehehe
WEDUL WROTE:
Tapi kayaknya mereka lebih suka memakai Talmud daripada Taurat (Taurat juga udah gak dijamin keasliannya). Nah Talmud itu lebih banyak perkataan mereka sendiri daripada Firman Allah. Boleh dibilang Talmud bukanlah firman Allah pada Musa.
Tuh kan mas OKKY, mas Wedul aja bilang Taurat itu gak dapat dijamin keasliaannya TAPI kok anda berusaha membenarkan asumsi anda dengan mencomot ayat dalam kitab Kejadian?????
saya harap anda tidak se-amatir mas wedul….heheheh
Benda yang memancarkan cahaya, Bintang, Matahari diciptakan pada hari ke-4
(Bagaimana mungkin Penyebab cahaya diciptakan pada hari ke-4 dan cahaya diciptakan pada hari pertama?)
3). Kejadian I : 9-13
Bumi diciptakan pada hari ke-3
(Bagaimana mungkin ada siang dan malam tanpa tanpa Matahari “penyebab cahaya”. Tidak mungkin bumi ada dulu daripada Matahari)
4). Kejadian I : 11-13
Tumbuhan, Empon-empon, semak belukar, pohon, mereka ciptakan pada hari ke-3
(Bagaimana mungkin tumbuhan bisa hidup tanpa ada sinar Matahari)
# Kita pasti masih ingat dengan seseorang yang kalau tidak salah bernama Galileo Galilei yang dibunuh Gereja gara-gara penemuannya yang mengatakan Matahari sebagai pusat Tata Surya. Sedangkan Gereja mengatakan Bumi sebagai pusat Tata Surya #
Seperti kita baca perjanjian lama dlm Ulangan 31:27, lebih” pd perjanjian baru dlm Matius 21:43 sebenarnya sdh merangkum mksd pembicaraan ini. Bahwa penyerupaan keagungan Tuhan yg terbit dari Tursina dan dari Seir akan di gantikan dengan cahaya gemerlapan yg terbit dari Paran…(Ulangan 33:2).
@ WEDUL
saya sungguh terkesan dengan kebodohan anda pak… haha Mudah-mudahan anda hanya pura-pura. hehehehe
Di dalam artikel anda ini, anda menulis kisah tentang Abraham VS Nimrod berdasarkan Alquran. PADAHAL anda TIDAK TAHU bahwa kisah itu sebenarnya sudah ada dalam tulisan tradisi Yahudi.
Dibawah ini (Pasal 38, 13) adalah versi perseteruan Abraham melawan Nimrod yang tampil dalam Midras Raba, kumpulan utama dari manuskrip Yahudi: exgenesis (bagian yang berkaitan dengan kitab Kejadian/Genesis) yang diperkirakan berasal dari abad ke-6 (sekitar tahun 500an M).
Teks bahasa aslinya:
“נטלו ומסרו לנמרוד. אמר לו: עבוד לאש. אמר לו אברהם: ואעבוד למים, שמכבים את האש? אמר לו נמרוד: עבוד למים! אמר לו: אם כך, אעבוד לענן, שנושא את המים? אמר לו: עבוד לענן! אמר לו: אם כך, אעבוד לרוח, שמפזרת עננים? אמר לו: עבוד לרוח! אמר לו: ונעבוד לבן אדם, שסובל הרוחות? אמר לו: מילים אתה מכביר, אני איני משתחוה אלא לאוּר – הרי אני משליכך בתוכו, ויבא אלוה שאתה משתחוה לו ויצילך הימנו! היה שם הרן עומד. אמר: מה נפשך, אם ינצח אברהם – אומַר ‘משל אברהם אני’, ואם ינצח נמרוד – אומַר ‘משל נמרוד אני’. כיון שירד אברהם לכבשן האש וניצול, אמרו לו: משל מי אתה? אמר להם: משל אברהם אני! נטלוהו והשליכוהו לאור, ונחמרו בני מעיו ויצא ומת על פני תרח אביו. וכך נאמר: וימת הרן על פני תרח אביו.” (בראשית רבה ל”ח, יג)
Midras Raba tahun 500M (abad ke-6) yang berarti bahwa 100 tahun (1 abad) sebelum ada Alquran. Apa saya harus posting terjemahannya pak???
hehehehehehe… nih saya kasi terjemahannya pak sebagai bonus!
Terjemahan bahasa Indonesianya:
Abraham diserahkan kepada Nimrod. Nimrod berkata kepadanya: Sembahlah api! Abraham berkata: Lalu haruskah aku menyembah air yang dapat memadamkan api! Nimrod berkata: Sembahlah air! Abraham berkata: Kalau begitu, haruskah aku menyembah awan, yaitu yang dapat membawa air? Nimrod berkata: Sembahlah awan! Abraham berkata: Kalau begitu, haruskan aku menyembah angin, yang dapat menyebarkan awan? Nimrod berkata: Sembahlah angin! Abraham berkata: Dan haruskan aku menyembah manusia, yang dapat bertahan terhadap angin? Nimrod berkata: Kau menumpuk kata diatas kata, aku tidak sujud kepada apapun tetapi kepada api, aku akan melempar kau kedalamnya dan biarlah Allah yang kepada-Nya kau sujud datan dan menyelamatkanmu dari dalam api! Haran (saudara Abraham) berdiri disana. Ia berkata dalam hatinya: Apakah yang harus aku lakukan? Jika Abraham menang, aku akan berkata: “Aku pengikut Abraham”, jika Nimrod yang menang aku akan berkata: “Aku pengikut Nimrod”. Ketika Abraham masuk ke dalam tungku perapian dan selamat, Haran ditanya:”Kau pengikut siapa?” dan ia menjawab:”Abraham”. Lalu mereka membawa dan melemparkannya (Haran) ke dalam tungku perapian, dan perutnya terbuka dan ia mati mendahului Terah, ayahnya.
HAHAHAHAHAHAHAHAHA…..
anda dan blog ini cuma seperti BADUT SIRKUS.
HAHAHAHAHA……..
Anda nggak mau ngaku kebodohan anda berarti anda PURA-PURA bodoh kan???
berarti saya tidk salah….
@fajar : Ya saya tau itu adlh slh st bagian dr kitab Musa. Dn Anda benar Fajar bhwa Taurat yg kita jumpai skrg tdk seperti teks aslinya ketika di turunkn kepd Musa. Tetapi Isa sendiri adlh penerus dr Musa dn Injil sendiri pun tetap b’hukum pd Taurat. Seperti Isa s’diri b’kt : Jgnlah km sangkakan Aku dtg hendak merombak hukum Taurat atau kitab nabi”. Bukannya Aku datang hendak merombak melainkn hendak menggenapkn. Krna sesungguhnya Aku berkt kepdmu, sehingga langit dn bumi lenyap. Satu noktah atau satu titik pun sekali” tdk akan lenyap drpd hukum Taurat itu sampai semuanya telah jadi. (Matius 5 : 17,18).
Saya tdk bermksd utk m’benarkn asumsi sy Tuan, tetapi sy tdk bs b’bicara ttg satu hal dgn meninggalkn yg lainnya. Krna hal ini pun slg berkaitan dn berkesinambungn.
@untuk semua : Ttg Kanaan, marilah kita lanjutkn kawan”. -Perjanjian Tuhan kepd Ibrahim-
Ibrahim di lhrkn di Ur, daerah Khaldea. Dr sini beliau pindah b’sm bpknya ke Kanaan. Dlm perjalanan itu bpkny singgah di Haran dn meninggal di sana. Sesdh bpk beliau meninggal, Ibrahim di perintahkn Thn spy meninggalkn Haran dn pergi ke Kanaan dn m’dpt wahyu berikut : Mk aku akn m’jdkn engkau suatu bangsa yg bsr dn aku akn m’berkati engkau dn m’bsrkn nmmu, mk hendaklah engkau m’jd suatu berkat. Mk aku akn m’beri berkat kepd brgsapa yg m’berkati akan dikau dn aku akn m’beri la’nat kepd brgsiapa yg mela’natkn dikau, mk dr dlmmu jg segala bangsa yg di ats bumi akn b’oleh berkat. (Kejadian 12:2,3)
-Dn lagi (Kejadian 13:15): Krna segala tanah, yg kau lht itu akn kuberikn kepdmu dn kepd ank cucumu sampai selama”nya.
-Dn lagi : (Kejadian 16:10-12): Dn lagi kt malaikt Thn kepdny: Bhw aku akn m’perbanykkan amat ank buahmu, sehingga tdk terpermanai bnyknya. Dn lgpula ky malaikt Thn kepdny: sesungguhny engkau ada mengandung dn engkau akn b’ank laki” seorg, mk hndklah engkau namai akn dia Ismail, sbb tlh di dgr Thn akn dikau dlm hal kesukarnmu. Mk kanak” itu akn m’jd seorg bagai hutan lakuny. dn tgnnya akn melawan segala org dan tgn segala org pun akn melawn dia; mk ia pun akn duduk pd seblh timur segala saudarany.
-Dn lagi: (Kejadian 17 : 9-11): Dn lagi firman Allah kepd Ibrahim : Bhwa sbb itu hndklah engkau memeliharkn perjanjian, baik engkau, baik ank cucumu yg kemudian drpdmu dgn bangsanya. Mk inilah perjanjianku antara Aku dgn dikau dn dgn ank cucumu kemudian drpdmu,k yg patut di peliharakn oleh km: yaitu segala ank laki” diantara km itu hndklah di sunatkn. Hndklah km menyunatkn daging kulupmu akn tanda perjanjian, yg antara Aku dgn dikau.
-Dn lagi Kejadian 17:14) : Ada pun segala org laki” yg b’kulup dn yg daging kulupny tiada di sunatkn, akn di tumpas dr antara bangsany, krn telah di ubahknnya p’janjianku.
Selanjutny di kbrkn dlm Kejadian 17:16 bhw kepd idtri Ibrahim b’nm Sarah jg di janjikn seorg ank laki” : Krn Aku akn m’beri berkat kepdny serta drpdny jg Aku akn menganugerahkn seorg ank laki” kepdmu: bhkn, Aku akn m’beri brkt kepdny, sehingga ia akn jd adal beberapa bangsa dn raja” beberapa bangsa pun akn berpencarn drpdnya.
Ttg turunan Sarah(melalui Ishak) di ktkn (Kejadian 17:19) : Mk firman Allah : Bhwa sesungguhnya Sarah isrtimu itu b’ank kelak bagimu laki” seorg: hndklah engkau namai akn dia Ishak; mk Aku akn meneguhkn p’janjianku dgn dia, yaitu suatu p’janjian yg kekal, serta dgn ank buahny yg kemudian drpdny.
-Ttg Ismail (Kejadian 17:20-22 kita bc) : Mk akn hal Ismail itu pun tlh kululuskn p’mintaanmu; bhw sesungguhny Aku tlh m’berkati akn dia dn m’biakkn dia dn m’p'bnykkan dia amat sgt dn dua belas raja” akn berpencar drpdny dn Aku akn m’jdkn dia suatu bangsa yg bsr. Akn ttpi p’janjianku akn kuttpkn kepd Ishak, yg akn di p’ankkan Sarah bagimu pd masa yg tertentu,thn yg dtg ini. Mk b’hentilah Allah drpd b’firmn kepd Ibrahim, lalu naiklah Thn drpdny.
-Lagi (Kejadian 21:13): Mk ank sahayamu itu pun akn kujdkn suatu bangsa, krna ia pun drpd benihmu.
Lagi ttg Ismail. Thn b’kt kepd Hajrah/Hajjar/Hagar(Kejadian 21: 17-18) : Mk di dgr Allah akn suara budak itu, lalu b’serulah malaikt Allah dr langit akn Hagar, ktny kepdny: Apakh yg engkau sshkn hai Hagar? Jgnlah tkt, Krn tlh di dgr Allah akn suara budak itu dr tmptny. Bgnlah engkau, angkatlah budak itu, sokonglah dia, krn Aku hndk m’jdkn dia suatu bangsa yg bsr.
-Lagi (Kejadian 21: 20-21): Mk di sertai Allah akn budak itu sehingga bsrlah ia, lalu ia pun ddklah dlm pdg belantara dn m’jd seorg pemanah. Mk ddklah ia dlm pdg belantara Paran dn di ambil oleh ibunya akn dia seorg perempuan dr tnh Mesir akn istriny.
Dr kutipn” ini jlslah bhwa Ibrahim m’punyai dua putra, Ismail dn Ishak, yg tua ialah Ismail dn yg muda ialah Ishak. Thn b’janji kepd Ibrahim bhw Dia akn m’biakkan dn m’berkati turunan beliau. Perjanjian ini berlaku t’hdp Ishak dn Ismail. Dr kutipm” ini jg tmpk bhwa Ismail hdp di hutan belantara Paran, bhwa tnh Kanaan di berikn kepd putra” Ibrahim dn bhwa tanda lahiriah p’janjian tg di buat Thn dgn Ibrahim ialah pengkhitanan semua laki”.
SAYA SANGAT MEMAHAMI BAHWA ANDA MENYELIDIKI SEGALA SESUATU TENTANG ISMAEL DALAM ALKITAB KARENA ALQURAN TIDAK DAPAT MENJAWAB NAMA IBU ISMAEL BAHKAN LATARBELAKANG HISTORIS MENGENAI KEHIDUPAN ABRAHAM SECARA MENDETAIL.
SEKARANG SAYA TANYA:
KENAPA ALQURAN TIDAK MENYEBUTKAN NAMA IBU ISMAEL YANG KALIAN SEBUT SEBAGAI NENEK MOYANG MUHAMMAD, “NABI” ANDA??? KATANYA ALQURAN ADALAH WAHYU DAN ALLAH SWT MAHA TAHU TETAPI KENAPA NAMA IBUNYA ISMAEL AJA KOK GAK TAHU?????
Semua p’janjian ini di penuhi. Keturunan Ishak b’biak bnyk. Dr antara mrka mncl Nabi Musa, Daud, Yehezkiel, smpai kepd Isa a.s. Selama 2000 thn mrka memerintah negeri Kanaan. Kekuasaan mrka ats negri itu tak prnh t’pts, walaupun utk suatu jangka wktu singkat smpt m’jd lemah jg. Ttpi, sesdh abad ke 7 Masehi putra” Ishak dn org” yg mengikuti Musa, scra lahiriah t’pksa mndr dr Kanaan. Sbg gntiny, putra” Ismail m’jd pemimpin politik dn rohani negri itu. Kenyataan bhw Bani Israil t’pksa menyerahkn negara Kanaan menunjukkan bhwa mrka telah m’jd tak layak lg bagi janji yg di buat Thn dgn mrka dgn perantaraan Ibrahim. Janji” itu ialah, Israil akn ttp memiliki tnh itu smpai hr kiamat dn janji itu bnr. Krna itu hr kiamat di dlm janji Thn ini tdk mgkn hari yg menandai akhir dunia, ttpi hr bila hukum Musa akn di ganti dgn hkm baru yg m’beri tuntunan kepd dunia. Di dlm bhsa wahyu Ilahi, kedtgn hukum baru srg di lukiskn sbg kelahiran langit baru dn bumi baru. Sebagaimn langit dn bumi baru tak dpt t’cipta tnpa di sertai p’golakn besar”an-yg biasany di hubungkn dgn hr kiamat- bgtu pula p’binaan hukum baru hrs memimbulkn p’golakn pd kaum yg menerima syariat baru itu. Krna itu bila nubuatn itu b’kt bhwa Bani Israil akn m’p'tahnkan kekuasaan mrka ats Kanaan smpai hr kiamat, hal itu b’arti bhwa kekuasaan mrka akn trs sampai kedtgn seorg Nabi yg m’bw syariat baru. Di dlm ucapan” Nabi Daud kita dpati isyarat ttg nubuatn ini. Janji yg t’cantum dlm Kejadian bhwa Bani Israil akn m’p'tahnkan kekuasaan ats Kanaan sampai hr kiamat di ucapkn dlm b’bagai” corak. Demikianlah dlm Mazmur (37:29) kita bc :
Mk segala org yg bnr itu akn m’pusakai tnh itu , dn m’diami dia smpai selama”nya.
Janji pemilikn abadi ini tdk di mksdkn utk Bani Israil, melainkn utk org” yg bnr. Pd hakikatny, ucapn Daud a.s. merupkn peringtn jls bhwa masa penguasaan Bani Israil akn b’akhir. Beliau itu tmpkny hndk menunjukkn bhw janji Thn itu, setelah suatu jangka wktu, hrs di pahami bkn dlm artian kebangsaan melainkn dlm artian rohani; bhwa bani Ismail akn mewarisi janji yg di buat dgn Ibrahim dgn mewarisi kebnrn dn suatu p’setujuan baru akn di mulai dgn mrka.
Kalau penafsirn ini ttg nubuatn itu tdk bnr, mk soalnya ialah: Mengapa Thn m’buat Bani Ismail b’kuasa di Palestina? Nubuatn itu jls sekali. Bani Ishak hrs menguasai Palestina smpai hari kiamat. Soalny ialah, mengapa mrka tdk b’buat demikian? Mengapa Thn m’biarkan kepndhn kekuasaan politik dr bani Ishak kepd Bani Ismail? Jk pemindahn itu b’langsung scra singkat, hal itu tdk b’arti apa” t’hdp nubuatn itu. Kebangkitn dn kejatuhan dlm nasib bangsa” adlh peristiwa biasa. Ttpi pemindhn yg kita bicarakn adlh sesuatu yg permanen. Sdh b’lalu lbh dr 1300 thn. Walau pun mmg skrg kelihtn bhwa Palestina/Kanaan seakn” t’leps krna b’bagai” desakn, hsl itu pasti akn pendek umurnya. Palestina/Kanaan adlh utk mrka yg memegang teguh p’janjian yg di buat Nabi Ibrahim dgn Thn. Mmg ada sebagian golongan mengaku memenuhi p’janjian itu. Ttpi mrka lupa, bhwa p’janjian itu menetapkn suatu tanda lahir yg penting. Tanda itu ialah pengkhitanan kaum laki”. Hany kaum Bani Ismail yg memegang teguh tanda itu baik seblm maupun sesdh wahyu Al-quran.
Pndknya, nubuatn Nabi Ibrahim m’janjikan berkat utk Ishak dn Ismail b’dua. Menurut janji ini putra” Ishak akn di dudukkan di Kanaan dan putra” Ismail di Arabia. Ttpi bila hr penghabisn tiba utk Bani Ishak, mk menrt penuturn Nabi Daud, janji itu di pndhkn dr Ishak kepd Ismail. Tuntutan Bani Israil kini hany merupakn tuntutan kebangsaan. Tuntutan Bani Ismail ialah kerohanian. Di ats tuntutan kebangsaan mrka Bani Ismail menguasai Mekkah dn daerah di sekitrny.(2:125-129).
Ats dsr tuntutn kerohanian mrka, mk mrka menambahkn Kanaan pd milik mrka sesdh keruskn keagamaan Bani Israil..
@ Fajar : Kita semua tau bhwa Ismail yg di bicarakan di sini adlh Ismail yg tdk b’beda dlm Bible maupun Al-Quran. Kamu mengerti apa yg sy mksdkan? Dn soal latar blkg historis ttg Ibrahim dn Ismail justru sgt lengkap sekali dlm Al-Quran. Kamu punya Al-Quran di rmhmu? Kalau kamu mempunyainya baca dm kajilah olehmu. Krna sy jg di rmh tdk hanya m’punyai Al-Quran. Ttpi sy jg pnya Bible dn sy mengkajinya..
Selamat mengkaji Fajar…^_^
MAAF PAK ANDA JANGAN SALAH KAPRAH.. SAYA TIDAK BUTUH PENGKAJIAN SOAL ALQURAN ANDA SEBAB SAYA TELAH MENEMUKAN JAMINAN SURGA DI DALAM NAMA YESUS KRISTUS. SAYA TIDAK INGIN MEMBUANG-BUANG WAKTU SAYA UNTUK SESUATU HAL YANG TIDAK ADA FAEDAHNYA SAMA SEKALI SEBAB SAYA MENGENAL ALLAH YANG SAYA SEMBAH.
ANDA BILANG MENGKAJI ALQURAN, TETAPI APA ANDA TIDAK TAHU BAHWA ADA KEANEHAN DALAM KONSEP TAUHID DALAM ALQURAN ITU.
kita tegaskan disini, bahwa tak ada hikmat lain yang mengharuskan Allah menyebut diri-Nya secara tunggal (Aku) dan jamak (Kami, Kita) secara bergantian, jikalau Ia sama sekali bukan dari sosok tunggal yang plural. Muslim yang berkilah akhirnya juga tidak bisa menghindar ketika disodorkan unsur non-tauhid yang melekat pada Allah SWT sendiri, seperti yang diakui-Nya: “Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa” (Qs.70:40)
JADI SEPERTINYA KONSEP TAUHID ALQURAN SECARA SAMAR-SAMAR MULAI MENGARAH KE TRINITAS ATAUPUN BISA MENGARAH KE POLITEISME.
SIAPA YANG KELIRU:
A. UMAT ISLAM
B. JIBRIL
C. MUHAMMAD SI PECUNDANG
D. ALLAH SWT
E. WEDUL SI PECUNDANG
F. SEMUA JAWABAN BENAR
ada lagi “Idiot” ngoceh ga karuan…
Pasti si @fajaryehuda kaga bisa baca Al-Quran…. hihihihihi
@fajar
Coba tulisin tulisan arab-nyah dan artiken per-kata
dan tulis juga surah Al ‘Ashr dan At-Tiin plus artinya….
Pasti lo keliatan khek domba idiot yang cengo (nungguin penipu nyang dah 2000 taon kaga nongol).
;
;
‘
Huft… gw maklumin deh domba idiot yang modalnya cuma gugle…. hihihihihi
Maksud dari surat yang anda sebut adalah: Allah bersumpah dengan nama yang menguasai Timur dan Barat (tak lain Allah SWT sendiri)ini hanya khiasan kata untuk menyatakan bhwa Allah yang menguasai seluruh alam, dan kata kami disini adalah Allah dalam menurunkan wahyu melalui perantara malaikat, sehingga bila Allah menunjukan kuasanya maka tidak perlu dan memang tidak pantas Allah melakukannya sendiri, cukup berkata jadi maka jadilah, sehingga malaikat yang disuruh oleh Allah akan melaksanakannya. itulah yang dinamakan ALLAH Yang Maha Kuasa (menguasai segala sesuatunya) seperti anda mempunyai bawahan apa bila anda ingin melakukan sesuatu hal maka anda tidak perlu melakukan sendiri karena sudah ada bawahan anda yang mampu untuk melakukan perintah anda
Hihihihi.. dasar idiot….
kheknya udah… tuh, kecuali lo orang idiot…
;
;
;
;
;
Pertanyaan basi, wkwkwkwkwkwkwkwkwkkkkk…
;
;
;
MANA TUHAN LO…? JADI GAK DIADU AMA AYAM GW…!!!!
TUHAN KRESTEN TERNYATA PENGECUT…. HIHIHIHIHIHIHIHI…
Maksudmu hadir itu menampakkan gitu ya?. atau ber-Avatar gitu ya?.
YOHANES 5:37 Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat,
Dari ayat diatas apa menurut kamu Yesus itu Tuhan?. Bukankah Yesus sendiri yang mengatakan nya???
TIMOTIUS 1:17 Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.
TIMOTIUS 6:16 Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorangpun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal! Amin.
1 YOHANES 4:12 Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita.
Mas saya juga ingin tanya kepada anda: Kapan dan sebutkan ayat apa isa As/Yesus menurut anda, mengatakan bahwa “akulah Tuhan maka sembahlah aku”, tapi perkataan Yesus sendiri bukan menurut atau anggapan., juga umat kristen harus ikhlas menambah tuhan satu lagi selain trinitas menurut anda (baca Ibrani ayt 7)
YESUS KRISTUS BERKATA
Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu;(YOHANES 13:13-14)
KESIMPULAN: YESUS KRISTUS BILANG TUH MAS KALAU DIA ADALAH TUHAN.
IBRANI 7:2-3
Menurut arti namanya Melkisedek adalah pertama-tama raja kebenaran, dan juga raja Salem, yaitu raja damai sejahtera.
Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.
PENJELASAN:
ANDA INI TERLALU AMATIRAN MAS BENNY DALAM MENAFSIRKAN ALKITAB. MELKISEDEK BUKANLAH TUHAN SEPERTI HALNYA YESUS. ANDA HARUS MEMBACA KATA KUNCI PERTAMANYA: “MENURUT ARTI NAMANYA….” JADI NAMA MELKISEDEK MEMILIKI ARTI NAMA YANG SANGAT INDAH DAN BEROTORITAS ILAHI. LALU KATA KUNCI KEDUANYA: “IA DIJADIKAN SAMA DENGAN ANAK ALLAH…”. INGAT PAK, KATA “DIJADIKAN SAMA” BERARTI ADALAH MELKISEDEK DIBERI KUASA UNTUK BERTINDAK SEPERTI KEIMAMAN YESUS KRISTUS. HAL INI SITUASINYA SAMA KETIKA ALLAH MENJADIKAN MUSA SEOLAH-OLAH MENJADI ALLAH BAGI FIRAUN (KEL. 7:1).
SAYA MEMAHAMI KETERBATASAN PEMAHAMAN ANDA MENGENAI ALKITAB
KALAU ANDA MENOLAK BAHWA TERJEMAHAN LORD SEBAGAI TUHAN. ITU KAN HANYA ASUMSI ANDA…
KATA “ELOHIM” SEBENARNYA ADALAH NAMA SEBUTAN UNTUK DEWA-DEWA. BANGASA KANAAN MENYEBUT “BAAL” SEBAGAI ELOHIM BAGI MEREKA DEMIKIAN JUGA DENGAN BANGSA-BANGSA KAFIR LAINNYA, MEREKA MEMPUNYAI NAMA PRIBADI DEWA-DEWA YG DIPANGGIL SEBGAI ELOHIM.
NAMUN, NAMA “YHVH” ADALAH NAMA ELOHIM BANGSA ISRAEL. YHVH ADALAH ALLAHNYA ABRAHAM, ISHAK DAN YAKUB. YHVH LAH YANG TELAH MENGUTUS MUSA. YHVH ADALAH ALLAH YG MENCIPTAKAN BUMI DAN LANGIT.
KESIMPULAN: BANYAK YANG DISEBUT SEBAGAI ELOHIM (ALLAH) DI MUKA BUMI, NANUM HANYA ADA SATU ELOHIM YG SEJATI.
Kata Elohim diterjemahkan sebagai God (inggris), Allah (indonesia)
tetapi allah ( “a” kecil) untuk mengacu pada dewa-dewa bangsa kafir.
Kata YHVH (Yahweh) diterjemahkan sebagai LORD (inggris/ huruf kapital) dan TUHAN (indonesia/ huruf kapital)
KARENA SEBUTAN YHVH (YAHWEH) ADALAH SUCI MAKA ORANG-ORANG YAHUDI MEWAKILINYA DENGAN SEBUTAN “ADONAI”
Kata Adonai diterjemahkan sebagai Lord (inggris) dan Tuhan (indonesia)
YHVH TELAH DATANG KE DALAM DUNIA DI DI DALAM NAMA YESUS KRISTUS (ISA) NAMUN ORANG-ORANG YAHUDI MENOLAKNYA. TETAPI ORANG-ORANG YG MENERIMA-NYA AKAN DIBERI-NYA KUASA UNTUK MENJADI ANAK-ANAK ALLAH.
ANDA TELAH MELIHAT KAMUS DAN NO.4 DISEBUT ARTI KATA LORD ADALAH PENGUASA TERTINGGI.
HEHEHE…. MENURUT ANDA TUHAN SANG PENCIPTA ALLAH BUKAN PENGUASA TERTINGGI YA
JANGAN KITA MENUTUP MATA PADA KEBENARAN YG SUDAH ADA DI DEPAN MATA KITA.
TAMBAHAN:
PADA ZAMAN ROMAWI YG DIMULAI SEBELUM KEDATANGAN YESUS KRISTUS, ORANG-ORANG ROMA MEMANGGIL KAISAR MEREKA DENGAN SEBUTAN “LORD” DAN UNIKNYA ADALAH MEREKA MENYEMBAH SANG KAISAR SEBAGAI TUHAN. KAISAR AGUSTUS (tahun 63 SM) LAH YG MENCETUS IDE PENYEMBAHAN KAISAR INI…
DAN KALAU UMAT PENGIKUT YESUS MENYEMBAH YESUS KRISTUS SEBAGAI TUHAN DENGAN SEBUTAN LORD (PENGUASA TERTINGGI) BUKANKAH ITU HAL YG WAJAR MAS..
kamu itu gak tahu soal Allah/Elohim. Allah itu Tuhan yang Maha Tauhid. Tapi banyak kaum kristen menyangka sebagai nama dewa bangsa Arab, dewa Bulan atau apalah. begitu juga dengan Elohim. Kamu memandangnya sama. Padahal Yehowa sendiri yang merupakan dewa bangsa-bangsa kuno disekitar babilonia sumeria.
JADI kasusnya begini :
Penyembah PAGAN menuduh ALLAH/ELOHIM sebagai tuhan palsu/tuhan
Penyembah Tauhid menuduh Yehowa sebagai Tuhan palsu/pagan
Nama Yahweh untuk pertama kalinya dinyatakan kepada Nabi Musa (Keluaran 6:1). Allah menyatakan diri kepada Nabi Musa dalam nyala api yang keluar dari semak duri, dan ketika Allah mengutusnya menghadap kepada Firaun untuk membawa umat Israel keluar dari Mesir, Musa bertanya: “Bagaimana tentang Nama-Nya? (Ibrani: Mah symo). Apakah yang harus kujawab kepada mereka?” (Keluaran 3:13).
Patut dicatat pula, cara biasa untuk menanyakan nama seseorang dalam bahasa Ibrani memakai kata ganti Mi, “Siapakah” (bandingkan dengan kata Arab, Man). Tetapi di sini dalam ayat ini dipakai “Bagaimana (mah) tentang Nama-Nya?” Mah symo, sejajar dengan bahasa Arab: Ma smuhu, menuntut suatu jawaban yang lebih jauh, yaitu memberikan arti (“apa dan bagaimana”) atau hakikat dari nama itu. Bukan sekedar menunjukkan nama, melainkan lebih dari itu makna yang menunjuk kepada “Kuasa di balik Dia yang di-Nama-kan”.
Jadi, kita tidak bisa memahaminya seperti nama-nama makhluk pada umumnya: Suradi, Yakub, Hendarto, fajar yehuda dan lain-lain. Pertanyaan Nabi Musa ini lalu dijawab Allah dalam bahasa Ibrani: Ehyeh asyer ehyeh— Aku adalah Aku (Keluaran 3:14). Dengan firman itu Allah menyatakan siapakah Diri-Nya. Secara gramatikal, apabila Allah sendiri yang mengucapkan Nama-Nya, maka kita menjumpai bentuk ehyeh (Aku Ada), sedangkan apabila umat Allah yang mengucapkan tentu saja memakai kata ganti orang ketiga Yahweh (Dia Ada).
Bagaimana pula secara gramatikal akhirnya kita menemukan bentuk Yahweh? Menurut sebuah tafsir dalam bahasa Ibrani yang cukup representatif (karena berasal dari kalangan rabbi-rabbi Yahudi sendiri), memang bentuk Yahweh tersebut berkaitan erat dengan kemahahadiran Ilahi, baik dahulu, kini dan yang akan datang. Keberadaan Allah apabila dikaitkan dengan ketiga aspek waktu tersebut, dalam bahasa Ibrani adalah: hayah, “Ia telah Ada” (He was), howeh, “Ia Ada” (He is), dan yihyeh, “Ia akan Ada” (He will be). Maksudnya di sini, Allah itu Mahakekal, tidak terikat oleh aspek waktu, dan hal itu dibuktikan dengan kekuasaan-Nya yang selalu dinamis.
SIAPA YANG JAUH-JAUH KE ARAB CUMA UNTUK MELIHAT, MERABA DAN MENCIUM BATU HITAM.
BUKANNYA ITU YG DINAMAKAN OLEH UMAT ISLAM SEBAGAI IBADAH.
KALAU BATUNYA HILANG, UMAT ISLAM PASTI MARAH BESAR KAN…..
KALAU BUKAN BATU, MEMANGNYA SIAPA ALLAH ANDA, MAS WEDUL??????
-UNKNOWN-
AJARAN KASIH MEMANG BANYAK TETAPI TIDAK ADA SEORANGPUN YANG BENAR-BENAR MELAKUKANNYA SECARA SEMPURNA SELAIN YESUS KRISTUS.
PENCURI AJA TAHU KALAU MENCURI ITU TIDAK BAIK
PEMBUNUH AJA TAHU KALAU MEMBUNUH ITU TIDAK BAIK
PEMBOHONG AJA TAHU KALAU BERBOHONG ITU TIDAK BAIK
PEMBENCI AJA TAHU KALAU MEMBENCI ITU TIDAK BAIK
hoy..! ngapain bela-belain bangsa arab situ, emangnya krn agamanya sama! liat TKW kita dianggap anjing oleh org arab tuh! brani gak ganyang org arab?????!!!!!!
lha kenyataan gitu koq! kalo bangsz laen didemo dimn2, giliran kalo nyangkut bangsa arab sepi demo pdhal mrk dah menganiaya,memperkosa, dn menzalimi tkw kita. cth: demo anti AS mk KFC jd sasaran, hotel Marriot jd sasaran bom, ayo coba yg nmnya orang arab tu… banyak rusakin wanita bngsz kita menjadikan pelacur dgn embel2 nikah sirih (liat kasus di Indramayu,cilacap,malang,n beberapa daerah di jawa).
Budaya Arab di pake, ampe bahasanya dikultuskan sbg bhs suci…..padahal bhs arab juga dipake utk memaki dn menghina tkw kita juga!!!!SADARLAH HAI SAUDARA SEBANGSA DAN SETANAH AIR KITA! buat apa bela-belain bangsa Palestina, pikirkan dulu nasib bangsa kita di arab saudi yg jadi tkw!
Bagaimanapun yang namanya kadilan harus ditegakkan, kalau mau mendemo ya bisa aja di demo.
Sekarang begini, di Indonesia aja ada juga kasus pembantu di aniaya, cuma apakah ada yang mendemo?. Jika tidak mengapa?. Itu bisa aja karena kasusnya pidana perorangan. Bukan menyangkut negara secara keseluruhan.
Bagaimanapun, didemo atau tidak hukum harus tetap ditegakkan secara adil.
menurut saya yg paling penting kenapa mereka jadi tkw, salahin dulu dalam negeri dulu deh…apa pilihan2 dalam negeri, dengan tingkat pendidikan, persaingan, budaya feodal, dll yg berlaku dalam negeri untuk dapat membuat perubahan dalam hidupnya, sebaiknya loe turun ke bawah riilll jadi bankrupt baru nyahoo
intinya membuat wni tanpa pandangan rasialis diskriminatif adalah karena cara para pengelola negerimu dhewek yg membuat wni nya sendiri daya tawarnya rendah. negeri arab seperti bertentangan dgn barat?apa iya, siapa yg menentukan nilai2 setiap manusia di dunia, ya pusat dunia adalah dollar, siapa yg pintar kelola sdm sda nya negeri deket/lekat dgn dollar ya nilainya lebih besar, bukan begitu?
walah…..walahhhhh…… orang islam ini kok dedel banget yo, lha wong muhammad kok sik di sebut nabi. lha mujizatnya apa tho ? lagian kok muhammad disebut di Injil ? lha jarak e ratusan tahun baru ada ,…… ah….. mbok jangan di buat-2. itu mnyenyesatkan bangsa arab lho……
Al-quran diturunkan sebagai pelengkap kitab2 suci yg terdahulu,faktor utama diturunkannya Al-quran,karena kitab2 sebelumnya telah dikaburkan isinya oleh orang2 yg tidak Taat kepada Allah dan rasulnya.Dan Nabi Besar Muhammad saw diutus sebagai rahmatanlil alamin,yaitu sebagai rahmat bagi semesta alam,yg kita ketahui mu’jijat terbesarnya adalah Al-Quranul karim.,perbedaan risalah yg dibawa oleh nabi isa (yesus),yaitu,nabi isa diutus hanya untuk ummat nasrani,tidak untuk bangsa arab ataupun bani israel,berarti ummat kristen yg sekarang bukan pengikut nabi isa (yesus),karena bukan ummat nasrani.,Kenapa nabi2 sebelum kedatangan Nabi Muhammad diutus hanya untuk satu kaum saja????,ALLAH SWT telah bekehandak,akan mengutus seorang rasul pilihan, penghulu para nabi,nabi penutup,nabi akhir zaman,yaitu Nabi Muhammad saw.yg akan membawa risalah,bukan hanya untuk bangsa arab saja,juga untuk bani israel,juga untuk ummat nasrani,dan untuk seluruh makhluk yg ada di alam semesta ini,
tidak kisahla agamanya kristen ataupun islam…. yang penting, kita beriman dan menang dalam menghadapi cabaran dunia… iblis ketawa dan gembira melihat kita berperang atau bercanggah tentang pendapat mengenai agama ini. bagi wedul dan fajar, berdamailah….. agama kita masing2 x menyuruh kita bermusuhan. apa k’kurangan kita, marilah kita perbaikinya bersama. agar kita sama2 masuk syurga.
deen
14 Juni 2010
keren bang wedul…..ganbatte!!
Roy Rey
14 Juni 2010
Boleh kah saya yang mndapatkan posisi keduax?
@wedul
Jadi menurut bos wedul sapa yg berhak dapetin tanah tb?
Wedul Sherenian
15 Juni 2010
boleh lah:)
menurutku semua orang yang bertauhid pada Allah dan memelihara agama Allah. Bisa untuk Muslim atau agama lain yang secara Tauhid benar. Yang berhak lebih condong ke Muslim
Muslim pastilah Islam tetapi Islam belum tentu muslim
Di AlQuran disebut “Hai orang2 yang beriman”==>Iman pada Allah==>Muslim.
Jarang Allah berfirman “Hai orang2 Islam”
Roy Rey
16 Juni 2010
Makasih bos… wedul
Israel… bisa gak dibilang agama tauhid?
Setau saya sih mereka menyembah 1 tuhan (YHWH)… mereka sangat menghormati YHWH.. Bahkan mereka sampe2 ga berani menyebutkan, buat nulisnya aja kudu ati2..?
Wedul Sherenian
16 Juni 2010
Israel yang mana dulu?. Musa, Daud, Yesus itu juga Israel…dan pengikut mereka juga Israel. Tetapi apa semua Israel pengikut para nabi???. hanya sedikit. Berapa banyak kaum Israel yang nyembah Tuhan lain dijaman Musa…demikian Juga dijaman Yesus
Roy Rey
16 Juni 2010
Yang sekarang bos….
Wedul Sherenian
16 Juni 2010
yang sekarang samar-samar
. Tapi kayaknya mereka lebih suka memakai Talmud daripada Taurat (Taurat juga udah gak dijamin keasliannya). Nah Talmud itu lebih banyak perkataan mereka sendiri daripada Firman Allah. Boleh dibilang Talmud bukanlah firman Allah pada Musa.
Isi Talmud banyak rasisnya, apalagi yang isinya penghinaan terhadap Yesus (Nabi Isa) juga Maryam.
Roy Rey
16 Juni 2010
Bos wedul … bener jga sih, tanah tsb tanah yg dijanjikan tuhan melalui Musa. Mereka menanti kedatangan mesias yang tak kunjung tiba (Ga bakal dateng kali ye…).
Wedul Sherenian
17 Juni 2010
Mesias itu kan kata universal, yang bisa berarti penyelamat. Sebenarnya sudah berkali2 mesias datang antara lain Yesus. Sebelumnya ada Daud dll. Nah dari konsep Tauhid, nabi Muhammad dengan ajaran murninya dari Allah merupakan Mesias juga. Bukankah Yerusalem itu damai dijaman Muslim berkuasa
. Bahkan Kristen pun ikut menikmatinya
.
Ketika Kana’an jatuh ketangan non Muslim (menurut sejarah), tak ada kedamaian disana
===>Mesias Al-Quran yang diterapkan dengan benar
fajaryehuda
5 Oktober 2010
Ada menilai kitab suci (Perjanjian Lama) yang sudah ada ribuan tahun ada sebelum Alquran.
kalau anda sungguh mengangungkan Alquran, saya harap anda dapat menjawab satu pertanyaan sederhana ini berdasarkan apa yang ditulis di Alquran:
Pertanyaannya adalah.
SIAPAKAH NAMA IBU ISMAEL?
Mas Wedul yang baik tolong berikan “pencerahanmu”
hehehehehe
http://faithbookz.blogspot.com
Wedul Sherenian
5 Oktober 2010
mending kamu baca aja ini :
http://vilaputih.wordpress.com/2010/02/17/sabotase-bible-atas-ismail/
intifadoh
22 November 2012
fajar
kapan yesus mengaku tuhan,,.,..? ada ga di injil,.yesus menyebut dirinya tuhan,.,
Dawkintz
15 Juni 2010
“Yang berhak (Muslim) belum tentu menang, yang menanglah (Israel) yg berhak”
Wedul Sherenian
15 Juni 2010
yang mengambil hak orang lain namanya Perampok lho
Dawkintz
15 Juni 2010
“Yang perampok (Muslim) belum tentu menang, yang menanglah (Israel) yg perampok”
“Pemenang (perampok) bisa menjadi kalah, yang kalah bisa menjadi pemenang (perampok)”
“Hak” adalah cara terakhir bagi si kalah utk membela dirinya”
.
.
Kamu membunuh ayam utk dimakan, maka kamu menjadi pemenang. Si ayam yg kalah pasti mengatakan si pemenang (manusia) merampok hak utk hidupnya. Itulah warna-warni kehidupan.
Maka selalu-lah menjadi si pemenang dengan resiko dikatakan perampok oleh si kalah.
Salam
Wedul Sherenian
15 Juni 2010
pantes bapakmu ngebuang kamu, soalnya ibumu (istri bapakmu) dirampok kewanitaannya ama tetangga bapakmu
ckkckckc
16 Juni 2010
Yahudi adalah bangsa kekasih Allah
buktinya ratusan Nabi diutus terhadapNya
seperti Bapa sayang pad ANaknya, mau durhaka kek tetap Kasih Allah Tiada bertaraa.
Arab NIHIL
Roy Rey
16 Juni 2010
@ckckck…
anda betul… , terima kasih sudah mengingatkan
Wedul Sherenian
16 Juni 2010
maksa banget
, baca lagi dari atas
http://vilaputih.wordpress.com/2010/06/15/aku_lah-tuhan/
Roy Rey
16 Juni 2010
Tapi bagaimanapun juga…. tetep aja yg berkuasa di situ keturunan Ibrahim…. ga mungkin kan keturunan melayu…. tul ga?
Wedul Sherenian
17 Juni 2010
Nabi Muhammad kan juga keturunan Ibrahim
.
depan monitor
7 September 2011
jelas banyakan nabi-nya yahudi. wong mereka bandel terus mangkanya diturunin banyak nabi. ibarat anak bandel, makin bandel ya.. makin di ceramahin
okky hadiansyah
4 Oktober 2010
Sudahlah jgn saling berdebat. kita di sini ada dlm rangka tukar pikiran, bkn utk b’silat lidah. memang tanah Kanaan di peruntukkan bagi Ibrahim dan keturunannya, benar seperti yg di katakan mas Wedul. Dan itu ada dlm Kej 17:8. Dan ini pun benar bahwa Tanah itu hanya di wariskan bagi yg beriman. Pertama mmg adalah dari keturunan Ishaq yang berakhir pd Isa as. Tetapi ketika mrka sdh lepas dari ketentuan itu, maka janji Tuhan ini sdh lepas dr mrka. Dan selanjutnya tibalah bagi keturunan Bani Ismail…
fajaryehuda
5 Oktober 2010
@ OKKY
Kitab Kejadian itu salah satu dari kitab Taurat Musa loh pak…. dan Kata mas WEDUL kitab Taurat udah gak dijamin keasliannya loh hehehe
WEDUL WROTE:
Tapi kayaknya mereka lebih suka memakai Talmud daripada Taurat (Taurat juga udah gak dijamin keasliannya). Nah Talmud itu lebih banyak perkataan mereka sendiri daripada Firman Allah. Boleh dibilang Talmud bukanlah firman Allah pada Musa.
Tuh kan mas OKKY, mas Wedul aja bilang Taurat itu gak dapat dijamin keasliaannya TAPI kok anda berusaha membenarkan asumsi anda dengan mencomot ayat dalam kitab Kejadian?????
saya harap anda tidak se-amatir mas wedul….heheheh
Wedul Sherenian
23 Desember 2010
@FAJAR
Hehehe..lihat aja ayat Kejadian ini :
1). Kejadian I : 3-5
Disebutkan bahwa cahaya diciptakan hari pertama
2). Kejadian I : 14-19
Benda yang memancarkan cahaya, Bintang, Matahari diciptakan pada hari ke-4
(Bagaimana mungkin Penyebab cahaya diciptakan pada hari ke-4 dan cahaya diciptakan pada hari pertama?)
3). Kejadian I : 9-13
Bumi diciptakan pada hari ke-3
(Bagaimana mungkin ada siang dan malam tanpa tanpa Matahari “penyebab cahaya”. Tidak mungkin bumi ada dulu daripada Matahari)
4). Kejadian I : 11-13
Tumbuhan, Empon-empon, semak belukar, pohon, mereka ciptakan pada hari ke-3
(Bagaimana mungkin tumbuhan bisa hidup tanpa ada sinar Matahari)
# Kita pasti masih ingat dengan seseorang yang kalau tidak salah bernama Galileo Galilei yang dibunuh Gereja gara-gara penemuannya yang mengatakan Matahari sebagai pusat Tata Surya. Sedangkan Gereja mengatakan Bumi sebagai pusat Tata Surya #
okky hadiansyah
4 Oktober 2010
Seperti kita baca perjanjian lama dlm Ulangan 31:27, lebih” pd perjanjian baru dlm Matius 21:43 sebenarnya sdh merangkum mksd pembicaraan ini. Bahwa penyerupaan keagungan Tuhan yg terbit dari Tursina dan dari Seir akan di gantikan dengan cahaya gemerlapan yg terbit dari Paran…(Ulangan 33:2).
fajaryehuda
5 Oktober 2010
@ WEDUL
Mudah-mudahan anda hanya pura-pura. hehehehe 
saya sungguh terkesan dengan kebodohan anda pak… haha
Di dalam artikel anda ini, anda menulis kisah tentang Abraham VS Nimrod berdasarkan Alquran. PADAHAL anda TIDAK TAHU bahwa kisah itu sebenarnya sudah ada dalam tulisan tradisi Yahudi.
Dibawah ini (Pasal 38, 13) adalah versi perseteruan Abraham melawan Nimrod yang tampil dalam Midras Raba, kumpulan utama dari manuskrip Yahudi: exgenesis (bagian yang berkaitan dengan kitab Kejadian/Genesis) yang diperkirakan berasal dari abad ke-6 (sekitar tahun 500an M).
Teks bahasa aslinya:
“נטלו ומסרו לנמרוד. אמר לו: עבוד לאש. אמר לו אברהם: ואעבוד למים, שמכבים את האש? אמר לו נמרוד: עבוד למים! אמר לו: אם כך, אעבוד לענן, שנושא את המים? אמר לו: עבוד לענן! אמר לו: אם כך, אעבוד לרוח, שמפזרת עננים? אמר לו: עבוד לרוח! אמר לו: ונעבוד לבן אדם, שסובל הרוחות? אמר לו: מילים אתה מכביר, אני איני משתחוה אלא לאוּר – הרי אני משליכך בתוכו, ויבא אלוה שאתה משתחוה לו ויצילך הימנו! היה שם הרן עומד. אמר: מה נפשך, אם ינצח אברהם – אומַר ‘משל אברהם אני’, ואם ינצח נמרוד – אומַר ‘משל נמרוד אני’. כיון שירד אברהם לכבשן האש וניצול, אמרו לו: משל מי אתה? אמר להם: משל אברהם אני! נטלוהו והשליכוהו לאור, ונחמרו בני מעיו ויצא ומת על פני תרח אביו. וכך נאמר: וימת הרן על פני תרח אביו.” (בראשית רבה ל”ח, יג)
Midras Raba tahun 500M (abad ke-6) yang berarti bahwa 100 tahun (1 abad) sebelum ada Alquran. Apa saya harus posting terjemahannya pak???
nih saya kasi terjemahannya pak sebagai bonus!
hehehehehehe…
Terjemahan bahasa Indonesianya:
Abraham diserahkan kepada Nimrod. Nimrod berkata kepadanya: Sembahlah api! Abraham berkata: Lalu haruskah aku menyembah air yang dapat memadamkan api! Nimrod berkata: Sembahlah air! Abraham berkata: Kalau begitu, haruskah aku menyembah awan, yaitu yang dapat membawa air? Nimrod berkata: Sembahlah awan! Abraham berkata: Kalau begitu, haruskan aku menyembah angin, yang dapat menyebarkan awan? Nimrod berkata: Sembahlah angin! Abraham berkata: Dan haruskan aku menyembah manusia, yang dapat bertahan terhadap angin? Nimrod berkata: Kau menumpuk kata diatas kata, aku tidak sujud kepada apapun tetapi kepada api, aku akan melempar kau kedalamnya dan biarlah Allah yang kepada-Nya kau sujud datan dan menyelamatkanmu dari dalam api! Haran (saudara Abraham) berdiri disana. Ia berkata dalam hatinya: Apakah yang harus aku lakukan? Jika Abraham menang, aku akan berkata: “Aku pengikut Abraham”, jika Nimrod yang menang aku akan berkata: “Aku pengikut Nimrod”. Ketika Abraham masuk ke dalam tungku perapian dan selamat, Haran ditanya:”Kau pengikut siapa?” dan ia menjawab:”Abraham”. Lalu mereka membawa dan melemparkannya (Haran) ke dalam tungku perapian, dan perutnya terbuka dan ia mati mendahului Terah, ayahnya.
makanya baca http://faithbookz.blogspot.com donk….
anda betul-betul mengecewakan saya….
Wedul Sherenian
5 Oktober 2010
whehehek…yang bodoh siapa ya?. wong aku menulis tentang lembah baka….EH SORI…tentang pewaris tanah kana’an.
fajaryehuda
6 Oktober 2010
HAHAHAHAHAHAHAHAHA…..

anda dan blog ini cuma seperti BADUT SIRKUS.
HAHAHAHAHA……..
Anda nggak mau ngaku kebodohan anda berarti anda PURA-PURA bodoh kan???
berarti saya tidk salah….
Wedul Sherenian
6 Oktober 2010
kalo Blog ini Badut Sirkus ya yang jadi badut kamunya..lihat aja hampir semua komentarmu mirip badut..hihihi
fajaryehuda
6 Oktober 2010
@ WEDUL

terserah anda lah…… huahahahahahaha
saya disini cuma ingin bersenang-senang aja kok
la la la la la……syubidubidu dam dam….
Wedul Sherenian
6 Oktober 2010
SAMA..GUE JUGA SENANG DAPET HIBURAN DARI KAMU
okky
6 Oktober 2010
@fajar : Ya saya tau itu adlh slh st bagian dr kitab Musa. Dn Anda benar Fajar bhwa Taurat yg kita jumpai skrg tdk seperti teks aslinya ketika di turunkn kepd Musa. Tetapi Isa sendiri adlh penerus dr Musa dn Injil sendiri pun tetap b’hukum pd Taurat. Seperti Isa s’diri b’kt : Jgnlah km sangkakan Aku dtg hendak merombak hukum Taurat atau kitab nabi”. Bukannya Aku datang hendak merombak melainkn hendak menggenapkn. Krna sesungguhnya Aku berkt kepdmu, sehingga langit dn bumi lenyap. Satu noktah atau satu titik pun sekali” tdk akan lenyap drpd hukum Taurat itu sampai semuanya telah jadi. (Matius 5 : 17,18).
Saya tdk bermksd utk m’benarkn asumsi sy Tuan, tetapi sy tdk bs b’bicara ttg satu hal dgn meninggalkn yg lainnya. Krna hal ini pun slg berkaitan dn berkesinambungn.
okky
8 Oktober 2010
@untuk semua : Ttg Kanaan, marilah kita lanjutkn kawan”. -Perjanjian Tuhan kepd Ibrahim-
Ibrahim di lhrkn di Ur, daerah Khaldea. Dr sini beliau pindah b’sm bpknya ke Kanaan. Dlm perjalanan itu bpkny singgah di Haran dn meninggal di sana. Sesdh bpk beliau meninggal, Ibrahim di perintahkn Thn spy meninggalkn Haran dn pergi ke Kanaan dn m’dpt wahyu berikut : Mk aku akn m’jdkn engkau suatu bangsa yg bsr dn aku akn m’berkati engkau dn m’bsrkn nmmu, mk hendaklah engkau m’jd suatu berkat. Mk aku akn m’beri berkat kepd brgsapa yg m’berkati akan dikau dn aku akn m’beri la’nat kepd brgsiapa yg mela’natkn dikau, mk dr dlmmu jg segala bangsa yg di ats bumi akn b’oleh berkat. (Kejadian 12:2,3)
-Dn lagi (Kejadian 13:15): Krna segala tanah, yg kau lht itu akn kuberikn kepdmu dn kepd ank cucumu sampai selama”nya.
-Dn lagi : (Kejadian 16:10-12): Dn lagi kt malaikt Thn kepdny: Bhw aku akn m’perbanykkan amat ank buahmu, sehingga tdk terpermanai bnyknya. Dn lgpula ky malaikt Thn kepdny: sesungguhny engkau ada mengandung dn engkau akn b’ank laki” seorg, mk hndklah engkau namai akn dia Ismail, sbb tlh di dgr Thn akn dikau dlm hal kesukarnmu. Mk kanak” itu akn m’jd seorg bagai hutan lakuny. dn tgnnya akn melawan segala org dan tgn segala org pun akn melawn dia; mk ia pun akn duduk pd seblh timur segala saudarany.
-Dn lagi: (Kejadian 17 : 9-11): Dn lagi firman Allah kepd Ibrahim : Bhwa sbb itu hndklah engkau memeliharkn perjanjian, baik engkau, baik ank cucumu yg kemudian drpdmu dgn bangsanya. Mk inilah perjanjianku antara Aku dgn dikau dn dgn ank cucumu kemudian drpdmu,k yg patut di peliharakn oleh km: yaitu segala ank laki” diantara km itu hndklah di sunatkn. Hndklah km menyunatkn daging kulupmu akn tanda perjanjian, yg antara Aku dgn dikau.
-Dn lagi Kejadian 17:14) : Ada pun segala org laki” yg b’kulup dn yg daging kulupny tiada di sunatkn, akn di tumpas dr antara bangsany, krn telah di ubahknnya p’janjianku.
Selanjutny di kbrkn dlm Kejadian 17:16 bhw kepd idtri Ibrahim b’nm Sarah jg di janjikn seorg ank laki” : Krn Aku akn m’beri berkat kepdny serta drpdny jg Aku akn menganugerahkn seorg ank laki” kepdmu: bhkn, Aku akn m’beri brkt kepdny, sehingga ia akn jd adal beberapa bangsa dn raja” beberapa bangsa pun akn berpencarn drpdnya.
Ttg turunan Sarah(melalui Ishak) di ktkn (Kejadian 17:19) : Mk firman Allah : Bhwa sesungguhnya Sarah isrtimu itu b’ank kelak bagimu laki” seorg: hndklah engkau namai akn dia Ishak; mk Aku akn meneguhkn p’janjianku dgn dia, yaitu suatu p’janjian yg kekal, serta dgn ank buahny yg kemudian drpdny.
-Ttg Ismail (Kejadian 17:20-22 kita bc) : Mk akn hal Ismail itu pun tlh kululuskn p’mintaanmu; bhw sesungguhny Aku tlh m’berkati akn dia dn m’biakkn dia dn m’p'bnykkan dia amat sgt dn dua belas raja” akn berpencar drpdny dn Aku akn m’jdkn dia suatu bangsa yg bsr. Akn ttpi p’janjianku akn kuttpkn kepd Ishak, yg akn di p’ankkan Sarah bagimu pd masa yg tertentu,thn yg dtg ini. Mk b’hentilah Allah drpd b’firmn kepd Ibrahim, lalu naiklah Thn drpdny.
-Lagi (Kejadian 21:13): Mk ank sahayamu itu pun akn kujdkn suatu bangsa, krna ia pun drpd benihmu.
Lagi ttg Ismail. Thn b’kt kepd Hajrah/Hajjar/Hagar(Kejadian 21: 17-18) : Mk di dgr Allah akn suara budak itu, lalu b’serulah malaikt Allah dr langit akn Hagar, ktny kepdny: Apakh yg engkau sshkn hai Hagar? Jgnlah tkt, Krn tlh di dgr Allah akn suara budak itu dr tmptny. Bgnlah engkau, angkatlah budak itu, sokonglah dia, krn Aku hndk m’jdkn dia suatu bangsa yg bsr.
-Lagi (Kejadian 21: 20-21): Mk di sertai Allah akn budak itu sehingga bsrlah ia, lalu ia pun ddklah dlm pdg belantara dn m’jd seorg pemanah. Mk ddklah ia dlm pdg belantara Paran dn di ambil oleh ibunya akn dia seorg perempuan dr tnh Mesir akn istriny.
Dr kutipn” ini jlslah bhwa Ibrahim m’punyai dua putra, Ismail dn Ishak, yg tua ialah Ismail dn yg muda ialah Ishak. Thn b’janji kepd Ibrahim bhw Dia akn m’biakkan dn m’berkati turunan beliau. Perjanjian ini berlaku t’hdp Ishak dn Ismail. Dr kutipm” ini jg tmpk bhwa Ismail hdp di hutan belantara Paran, bhwa tnh Kanaan di berikn kepd putra” Ibrahim dn bhwa tanda lahiriah p’janjian tg di buat Thn dgn Ibrahim ialah pengkhitanan semua laki”.
fajaryehuda
16 Oktober 2010
@ OKKY
SAYA SANGAT MEMAHAMI BAHWA ANDA MENYELIDIKI SEGALA SESUATU TENTANG ISMAEL DALAM ALKITAB KARENA ALQURAN TIDAK DAPAT MENJAWAB NAMA IBU ISMAEL BAHKAN LATARBELAKANG HISTORIS MENGENAI KEHIDUPAN ABRAHAM SECARA MENDETAIL.
SEKARANG SAYA TANYA:
KENAPA ALQURAN TIDAK MENYEBUTKAN NAMA IBU ISMAEL YANG KALIAN SEBUT SEBAGAI NENEK MOYANG MUHAMMAD, “NABI” ANDA??? KATANYA ALQURAN ADALAH WAHYU DAN ALLAH SWT MAHA TAHU TETAPI KENAPA NAMA IBUNYA ISMAEL AJA KOK GAK TAHU?????
Wedul Sherenian
17 Oktober 2010
kau itu udah tak kasih tahu kok masih bego ya :
BIBLE = Campuran Firman Allah + Sejarah&sabda Yesus+sejarah orang2 lain+cerita karangan, dll
AL-QURAN = Firman Allah
HADITS= Sabda Rasul Muhammad
SIRAH MUHAMMAD= Sejarah nabi Muhammad
fajaryehuda
31 Oktober 2010
@ WEDUL
NABI MESUM + PECUNDANG AJA DI BANGGAIN…
ALQURAN ITU CUMA KITAB HASIL COPT-PASTE-EDIT KARYA SI JIBRIL DARI GOA HANTU
ALQURAN ANDA ITU TELAH MEMBAJAK KISAH ABRAHAM VS NIMROD DALAM TALMUD YAHUDI ABAD KE-6
MUHAMMAD ANDA ITU CUMA PECUNDANG
Wedul Sherenian
23 Desember 2010
@FAJAR
Pecundang itu kalo ditampar pipi kiri malah nyerahin pipi kanan, gak mampu menegakkan kebenaran dan keadilan
hancurlah duniaku
okky
8 Oktober 2010
Semua p’janjian ini di penuhi. Keturunan Ishak b’biak bnyk. Dr antara mrka mncl Nabi Musa, Daud, Yehezkiel, smpai kepd Isa a.s. Selama 2000 thn mrka memerintah negeri Kanaan. Kekuasaan mrka ats negri itu tak prnh t’pts, walaupun utk suatu jangka wktu singkat smpt m’jd lemah jg. Ttpi, sesdh abad ke 7 Masehi putra” Ishak dn org” yg mengikuti Musa, scra lahiriah t’pksa mndr dr Kanaan. Sbg gntiny, putra” Ismail m’jd pemimpin politik dn rohani negri itu. Kenyataan bhw Bani Israil t’pksa menyerahkn negara Kanaan menunjukkan bhwa mrka telah m’jd tak layak lg bagi janji yg di buat Thn dgn mrka dgn perantaraan Ibrahim. Janji” itu ialah, Israil akn ttp memiliki tnh itu smpai hr kiamat dn janji itu bnr. Krna itu hr kiamat di dlm janji Thn ini tdk mgkn hari yg menandai akhir dunia, ttpi hr bila hukum Musa akn di ganti dgn hkm baru yg m’beri tuntunan kepd dunia. Di dlm bhsa wahyu Ilahi, kedtgn hukum baru srg di lukiskn sbg kelahiran langit baru dn bumi baru. Sebagaimn langit dn bumi baru tak dpt t’cipta tnpa di sertai p’golakn besar”an-yg biasany di hubungkn dgn hr kiamat- bgtu pula p’binaan hukum baru hrs memimbulkn p’golakn pd kaum yg menerima syariat baru itu. Krna itu bila nubuatn itu b’kt bhwa Bani Israil akn m’p'tahnkan kekuasaan mrka ats Kanaan smpai hr kiamat, hal itu b’arti bhwa kekuasaan mrka akn trs sampai kedtgn seorg Nabi yg m’bw syariat baru. Di dlm ucapan” Nabi Daud kita dpati isyarat ttg nubuatn ini. Janji yg t’cantum dlm Kejadian bhwa Bani Israil akn m’p'tahnkan kekuasaan ats Kanaan sampai hr kiamat di ucapkn dlm b’bagai” corak. Demikianlah dlm Mazmur (37:29) kita bc :
Mk segala org yg bnr itu akn m’pusakai tnh itu , dn m’diami dia smpai selama”nya.
Janji pemilikn abadi ini tdk di mksdkn utk Bani Israil, melainkn utk org” yg bnr. Pd hakikatny, ucapn Daud a.s. merupkn peringtn jls bhwa masa penguasaan Bani Israil akn b’akhir. Beliau itu tmpkny hndk menunjukkn bhw janji Thn itu, setelah suatu jangka wktu, hrs di pahami bkn dlm artian kebangsaan melainkn dlm artian rohani; bhwa bani Ismail akn mewarisi janji yg di buat dgn Ibrahim dgn mewarisi kebnrn dn suatu p’setujuan baru akn di mulai dgn mrka.
Kalau penafsirn ini ttg nubuatn itu tdk bnr, mk soalnya ialah: Mengapa Thn m’buat Bani Ismail b’kuasa di Palestina? Nubuatn itu jls sekali. Bani Ishak hrs menguasai Palestina smpai hari kiamat. Soalny ialah, mengapa mrka tdk b’buat demikian? Mengapa Thn m’biarkan kepndhn kekuasaan politik dr bani Ishak kepd Bani Ismail? Jk pemindahn itu b’langsung scra singkat, hal itu tdk b’arti apa” t’hdp nubuatn itu. Kebangkitn dn kejatuhan dlm nasib bangsa” adlh peristiwa biasa. Ttpi pemindhn yg kita bicarakn adlh sesuatu yg permanen. Sdh b’lalu lbh dr 1300 thn. Walau pun mmg skrg kelihtn bhwa Palestina/Kanaan seakn” t’leps krna b’bagai” desakn, hsl itu pasti akn pendek umurnya. Palestina/Kanaan adlh utk mrka yg memegang teguh p’janjian yg di buat Nabi Ibrahim dgn Thn. Mmg ada sebagian golongan mengaku memenuhi p’janjian itu. Ttpi mrka lupa, bhwa p’janjian itu menetapkn suatu tanda lahir yg penting. Tanda itu ialah pengkhitanan kaum laki”. Hany kaum Bani Ismail yg memegang teguh tanda itu baik seblm maupun sesdh wahyu Al-quran.
Pndknya, nubuatn Nabi Ibrahim m’janjikan berkat utk Ishak dn Ismail b’dua. Menurut janji ini putra” Ishak akn di dudukkan di Kanaan dan putra” Ismail di Arabia. Ttpi bila hr penghabisn tiba utk Bani Ishak, mk menrt penuturn Nabi Daud, janji itu di pndhkn dr Ishak kepd Ismail. Tuntutan Bani Israil kini hany merupakn tuntutan kebangsaan. Tuntutan Bani Ismail ialah kerohanian. Di ats tuntutan kebangsaan mrka Bani Ismail menguasai Mekkah dn daerah di sekitrny.(2:125-129).
Ats dsr tuntutn kerohanian mrka, mk mrka menambahkn Kanaan pd milik mrka sesdh keruskn keagamaan Bani Israil..
ipo
17 Oktober 2010
to all
kitab suci yg benar adalah yg tidak berubah meski telah ribuan tahun.
okky
6 November 2010
@ Fajar : Kita semua tau bhwa Ismail yg di bicarakan di sini adlh Ismail yg tdk b’beda dlm Bible maupun Al-Quran. Kamu mengerti apa yg sy mksdkan? Dn soal latar blkg historis ttg Ibrahim dn Ismail justru sgt lengkap sekali dlm Al-Quran. Kamu punya Al-Quran di rmhmu? Kalau kamu mempunyainya baca dm kajilah olehmu. Krna sy jg di rmh tdk hanya m’punyai Al-Quran. Ttpi sy jg pnya Bible dn sy mengkajinya..
Selamat mengkaji Fajar…^_^
fajaryehuda
1 Desember 2010
@ OKKY
MAAF PAK ANDA JANGAN SALAH KAPRAH.. SAYA TIDAK BUTUH PENGKAJIAN SOAL ALQURAN ANDA SEBAB SAYA TELAH MENEMUKAN JAMINAN SURGA DI DALAM NAMA YESUS KRISTUS. SAYA TIDAK INGIN MEMBUANG-BUANG WAKTU SAYA UNTUK SESUATU HAL YANG TIDAK ADA FAEDAHNYA SAMA SEKALI SEBAB SAYA MENGENAL ALLAH YANG SAYA SEMBAH.
ANDA BILANG MENGKAJI ALQURAN, TETAPI APA ANDA TIDAK TAHU BAHWA ADA KEANEHAN DALAM KONSEP TAUHID DALAM ALQURAN ITU.
kita tegaskan disini, bahwa tak ada hikmat lain yang mengharuskan Allah menyebut diri-Nya secara tunggal (Aku) dan jamak (Kami, Kita) secara bergantian, jikalau Ia sama sekali bukan dari sosok tunggal yang plural. Muslim yang berkilah akhirnya juga tidak bisa menghindar ketika disodorkan unsur non-tauhid yang melekat pada Allah SWT sendiri, seperti yang diakui-Nya: “Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa” (Qs.70:40)
JADI SEPERTINYA KONSEP TAUHID ALQURAN SECARA SAMAR-SAMAR MULAI MENGARAH KE TRINITAS ATAUPUN BISA MENGARAH KE POLITEISME.
SIAPA YANG KELIRU:
A. UMAT ISLAM
B. JIBRIL
C. MUHAMMAD SI PECUNDANG
D. ALLAH SWT
E. WEDUL SI PECUNDANG
F. SEMUA JAWABAN BENAR
ini blog saya: http://faithbookz.blogspot.com
Wedul Sherenian
1 Desember 2010
SI Fajardiot Kristen ini mulutnya Busuk sekali
fajaryehuda
2 Desember 2010
@ WEDUL
HAHAHAHAHAHAHAHAHA……..:) SAYA KANGEN SEKALI DENGAN KOMEN ANDA YANG SELALAU AMATIRAN. SUDAH 2 BULAN SAYA NGGAK KE BLOG ANDA. ISI NYA GAK ADA KEMAJUAN
KONSEP TAUHID YANG DIBANGGAKAN ISLAM TERNYATA BISA MENGARAH KE POLITEISME ATAU KE TRINITAS
“Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa” (Qs.70:40)
NGGAK BISA DISANGGAH YA PENDAPAT SAYA….
LOSERRRRR…….
Roy Rey
2 Desember 2010
ada lagi “Idiot” ngoceh ga karuan…
Pasti si @fajaryehuda kaga bisa baca Al-Quran…. hihihihihi
@fajar
Coba tulisin tulisan arab-nyah dan artiken per-kata
dan tulis juga surah Al ‘Ashr dan At-Tiin plus artinya….
Pasti lo keliatan khek domba idiot yang cengo (nungguin penipu nyang dah 2000 taon kaga nongol).
;
;
‘
Huft… gw maklumin deh domba idiot yang modalnya cuma gugle…. hihihihihi
Wedul Sherenian
2 Desember 2010
@FAJAR
Huahaha..gue yakin elo tuh bagian dari trinitas..KEPALANYA BABI, TUBUHNYA KEBO, KAKINYA GAJAH
Dulu pamit kok sekarang muncul lagi,..yang kangen sapa ya..wakakak
Mending kamu baca ini aja
http://vilaputih.wordpress.com/2009/12/08/aku-tahu-dimana-allah/
beny
14 Desember 2010
Maksud dari surat yang anda sebut adalah: Allah bersumpah dengan nama yang menguasai Timur dan Barat (tak lain Allah SWT sendiri)ini hanya khiasan kata untuk menyatakan bhwa Allah yang menguasai seluruh alam, dan kata kami disini adalah Allah dalam menurunkan wahyu melalui perantara malaikat, sehingga bila Allah menunjukan kuasanya maka tidak perlu dan memang tidak pantas Allah melakukannya sendiri, cukup berkata jadi maka jadilah, sehingga malaikat yang disuruh oleh Allah akan melaksanakannya. itulah yang dinamakan ALLAH Yang Maha Kuasa (menguasai segala sesuatunya) seperti anda mempunyai bawahan apa bila anda ingin melakukan sesuatu hal maka anda tidak perlu melakukan sendiri karena sudah ada bawahan anda yang mampu untuk melakukan perintah anda
fajaryehuda
3 Desember 2010
@ ROY REY & WEDUL
HUAHAHAHAHHA…..
NGGAK BISA MENYANGGAP PERNYATAAN SAYA MENGENAI TAUHID ISLAM YA?????
loserrrrrrr…..
http://www.faithbookz.blogspot.com
Roy Rey
8 Desember 2010
Hihihihi.. dasar idiot….
kheknya udah… tuh, kecuali lo orang idiot…
;
;
;
;
;
Pertanyaan basi, wkwkwkwkwkwkwkwkwkkkkk…
;
;
;
MANA TUHAN LO…? JADI GAK DIADU AMA AYAM GW…!!!!
TUHAN KRESTEN TERNYATA PENGECUT…. HIHIHIHIHIHIHIHI…
fajaryehuda
8 Desember 2010
@ ROY
HEI PECUNDANG…. GAK USAH PURA-PURA BODOH LAH…
HEHEHEHE……
AJARAN AGAMA ANDA SENDIRI AJA MASIH BINGUNG GIMANA ANDA BISA MENJAWAB PERTANYAAN-PERTANYAAN KAMI…..
ANDA BELUM BISA MENJAWAB PERTANYAAN SAYA MENGENAI KONSEP TAUHID DI QS. 70:40
SELALU KOMEN BALASAN LEVEL RENDAH…
JANGAN PAKE CARA KAMPUNGAN
KALAU MAU DISKUSI MARI KITA LAKUKAN DENGAN ELEGAN DAN TERARAH…
Wedul Sherenian/
23 Desember 2010
@FAJAR
Ya kamu yang bego
[70:40] Maka aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.
SAPA BILANG AYAT INI KONSEP TAUHID. MAU TAHU AYAT KONSEP TAUHID, NIH BACA DEH :
Surah Al-Ikhlas 112
[112:1] Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa.
[112:2] Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
[112:3] Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,
[112:4] dan tidak ada seorangpun/sesuatupun yang setara dengan Dia”.
fajaryehuda
30 Desember 2010
@ WEDUL
ORANG KRISTEN JUGA SETUJU MAS.. KALAU TUHAN ITU TIDAK BERANAK DAN DIPERANAKAN.
DAN MEMANG TIDAK ADA SATUPUN YG DAPAT DISETARAKAN DENGAN DIA.
ITU SIH TIDAK MENGGAMBARKAN KOSEP TAUHID DENGAN JELAS PAK.
KALAU ALLAH ANDA ITU TAUHID BERARTI ALLAH ANDA TIDAK MAHA HADIR DONK?????
MEMANGNYA ALLAH ANDA ITU BAGAIMANA SIH???
JAWAB DUA PERTANYAAN SAYA DIATAS, BERANI GAK
Wedul Sherenian
30 Desember 2010
@FAJAR
Maksudmu hadir itu menampakkan gitu ya?. atau ber-Avatar gitu ya?.
YOHANES 5:37 Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat,
Dari ayat diatas apa menurut kamu Yesus itu Tuhan?. Bukankah Yesus sendiri yang mengatakan nya???
TIMOTIUS 1:17 Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.
TIMOTIUS 6:16 Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorangpun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal! Amin.
1 YOHANES 4:12 Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita.
beny
14 Desember 2010
Mas saya juga ingin tanya kepada anda: Kapan dan sebutkan ayat apa isa As/Yesus menurut anda, mengatakan bahwa “akulah Tuhan maka sembahlah aku”, tapi perkataan Yesus sendiri bukan menurut atau anggapan., juga umat kristen harus ikhlas menambah tuhan satu lagi selain trinitas menurut anda (baca Ibrani ayt 7)
fajaryehuda
23 Desember 2010
@ BENNY
YESUS KRISTUS BERKATA
Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu;(YOHANES 13:13-14)
KESIMPULAN: YESUS KRISTUS BILANG TUH MAS KALAU DIA ADALAH TUHAN.
IBRANI 7:2-3
Menurut arti namanya Melkisedek adalah pertama-tama raja kebenaran, dan juga raja Salem, yaitu raja damai sejahtera.
Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.
PENJELASAN:

ANDA INI TERLALU AMATIRAN MAS BENNY DALAM MENAFSIRKAN ALKITAB. MELKISEDEK BUKANLAH TUHAN SEPERTI HALNYA YESUS. ANDA HARUS MEMBACA KATA KUNCI PERTAMANYA: “MENURUT ARTI NAMANYA….” JADI NAMA MELKISEDEK MEMILIKI ARTI NAMA YANG SANGAT INDAH DAN BEROTORITAS ILAHI. LALU KATA KUNCI KEDUANYA: “IA DIJADIKAN SAMA DENGAN ANAK ALLAH…”. INGAT PAK, KATA “DIJADIKAN SAMA” BERARTI ADALAH MELKISEDEK DIBERI KUASA UNTUK BERTINDAK SEPERTI KEIMAMAN YESUS KRISTUS. HAL INI SITUASINYA SAMA KETIKA ALLAH MENJADIKAN MUSA SEOLAH-OLAH MENJADI ALLAH BAGI FIRAUN (KEL. 7:1).
Wedul Sherenian
23 Desember 2010
@FAJAR
YOHANES (NKJV)
13:13 “You call me Teacher and Lord, and you say well, for [so] I am.
13:14 “If I then, [your] Lord and Teacher, have washed your feet, you also ought to wash one another’s feet.
ARTI LORD :
- Lihat kamus yang lebih detail
1. raja
2. bangsawan
3. pejabat tinggi
4. penguasa tertinggi
Mengapa tidak berati Tuhan : Karena Tuhan itu tak terlihat. Jadi jika Lord diterjemahkan TUHAN itu salah!.
fajaryehuda
30 Desember 2010
@ WEDUL
SAYA MEMAHAMI KETERBATASAN PEMAHAMAN ANDA MENGENAI ALKITAB
KALAU ANDA MENOLAK BAHWA TERJEMAHAN LORD SEBAGAI TUHAN. ITU KAN HANYA ASUMSI ANDA…
KATA “ELOHIM” SEBENARNYA ADALAH NAMA SEBUTAN UNTUK DEWA-DEWA. BANGASA KANAAN MENYEBUT “BAAL” SEBAGAI ELOHIM BAGI MEREKA DEMIKIAN JUGA DENGAN BANGSA-BANGSA KAFIR LAINNYA, MEREKA MEMPUNYAI NAMA PRIBADI DEWA-DEWA YG DIPANGGIL SEBGAI ELOHIM.
NAMUN, NAMA “YHVH” ADALAH NAMA ELOHIM BANGSA ISRAEL. YHVH ADALAH ALLAHNYA ABRAHAM, ISHAK DAN YAKUB. YHVH LAH YANG TELAH MENGUTUS MUSA. YHVH ADALAH ALLAH YG MENCIPTAKAN BUMI DAN LANGIT.
KESIMPULAN: BANYAK YANG DISEBUT SEBAGAI ELOHIM (ALLAH) DI MUKA BUMI, NANUM HANYA ADA SATU ELOHIM YG SEJATI.
Kata Elohim diterjemahkan sebagai God (inggris), Allah (indonesia)
tetapi allah ( “a” kecil) untuk mengacu pada dewa-dewa bangsa kafir.
Kata YHVH (Yahweh) diterjemahkan sebagai LORD (inggris/ huruf kapital) dan TUHAN (indonesia/ huruf kapital)
KARENA SEBUTAN YHVH (YAHWEH) ADALAH SUCI MAKA ORANG-ORANG YAHUDI MEWAKILINYA DENGAN SEBUTAN “ADONAI”
Kata Adonai diterjemahkan sebagai Lord (inggris) dan Tuhan (indonesia)
YHVH TELAH DATANG KE DALAM DUNIA DI DI DALAM NAMA YESUS KRISTUS (ISA) NAMUN ORANG-ORANG YAHUDI MENOLAKNYA. TETAPI ORANG-ORANG YG MENERIMA-NYA AKAN DIBERI-NYA KUASA UNTUK MENJADI ANAK-ANAK ALLAH.
ANDA TELAH MELIHAT KAMUS DAN NO.4 DISEBUT ARTI KATA LORD ADALAH PENGUASA TERTINGGI.
HEHEHE…. MENURUT ANDA TUHAN SANG PENCIPTA ALLAH BUKAN PENGUASA TERTINGGI YA

JANGAN KITA MENUTUP MATA PADA KEBENARAN YG SUDAH ADA DI DEPAN MATA KITA.
TAMBAHAN:
PADA ZAMAN ROMAWI YG DIMULAI SEBELUM KEDATANGAN YESUS KRISTUS, ORANG-ORANG ROMA MEMANGGIL KAISAR MEREKA DENGAN SEBUTAN “LORD” DAN UNIKNYA ADALAH MEREKA MENYEMBAH SANG KAISAR SEBAGAI TUHAN. KAISAR AGUSTUS (tahun 63 SM) LAH YG MENCETUS IDE PENYEMBAHAN KAISAR INI…
DAN KALAU UMAT PENGIKUT YESUS MENYEMBAH YESUS KRISTUS SEBAGAI TUHAN DENGAN SEBUTAN LORD (PENGUASA TERTINGGI) BUKANKAH ITU HAL YG WAJAR MAS..
CASE CLOSED MAS…..
Wedul Sherenian
30 Desember 2010
@FAJAR
Huahahah…
kamu itu gak tahu soal Allah/Elohim. Allah itu Tuhan yang Maha Tauhid. Tapi banyak kaum kristen menyangka sebagai nama dewa bangsa Arab, dewa Bulan atau apalah. begitu juga dengan Elohim. Kamu memandangnya sama. Padahal Yehowa sendiri yang merupakan dewa bangsa-bangsa kuno disekitar babilonia sumeria.
JADI kasusnya begini :
Penyembah PAGAN menuduh ALLAH/ELOHIM sebagai tuhan palsu/tuhan
Penyembah Tauhid menuduh Yehowa sebagai Tuhan palsu/pagan
Nah, gue kira kamu itu termasuk kaum pagan
fajaryehuda
31 Desember 2010
@ WEDUL
DULL…DUL…. ASUMSI LAGI YA???
Nama Yahweh (TUHAN): Asal-usul dan Makna Teologis
Nama Yahweh untuk pertama kalinya dinyatakan kepada Nabi Musa (Keluaran 6:1). Allah menyatakan diri kepada Nabi Musa dalam nyala api yang keluar dari semak duri, dan ketika Allah mengutusnya menghadap kepada Firaun untuk membawa umat Israel keluar dari Mesir, Musa bertanya: “Bagaimana tentang Nama-Nya? (Ibrani: Mah symo). Apakah yang harus kujawab kepada mereka?” (Keluaran 3:13).
Patut dicatat pula, cara biasa untuk menanyakan nama seseorang dalam bahasa Ibrani memakai kata ganti Mi, “Siapakah” (bandingkan dengan kata Arab, Man). Tetapi di sini dalam ayat ini dipakai “Bagaimana (mah) tentang Nama-Nya?” Mah symo, sejajar dengan bahasa Arab: Ma smuhu, menuntut suatu jawaban yang lebih jauh, yaitu memberikan arti (“apa dan bagaimana”) atau hakikat dari nama itu. Bukan sekedar menunjukkan nama, melainkan lebih dari itu makna yang menunjuk kepada “Kuasa di balik Dia yang di-Nama-kan”.
Jadi, kita tidak bisa memahaminya seperti nama-nama makhluk pada umumnya: Suradi, Yakub, Hendarto, fajar yehuda dan lain-lain. Pertanyaan Nabi Musa ini lalu dijawab Allah dalam bahasa Ibrani: Ehyeh asyer ehyeh— Aku adalah Aku (Keluaran 3:14). Dengan firman itu Allah menyatakan siapakah Diri-Nya. Secara gramatikal, apabila Allah sendiri yang mengucapkan Nama-Nya, maka kita menjumpai bentuk ehyeh (Aku Ada), sedangkan apabila umat Allah yang mengucapkan tentu saja memakai kata ganti orang ketiga Yahweh (Dia Ada).
Bagaimana pula secara gramatikal akhirnya kita menemukan bentuk Yahweh? Menurut sebuah tafsir dalam bahasa Ibrani yang cukup representatif (karena berasal dari kalangan rabbi-rabbi Yahudi sendiri), memang bentuk Yahweh tersebut berkaitan erat dengan kemahahadiran Ilahi, baik dahulu, kini dan yang akan datang. Keberadaan Allah apabila dikaitkan dengan ketiga aspek waktu tersebut, dalam bahasa Ibrani adalah: hayah, “Ia telah Ada” (He was), howeh, “Ia Ada” (He is), dan yihyeh, “Ia akan Ada” (He will be). Maksudnya di sini, Allah itu Mahakekal, tidak terikat oleh aspek waktu, dan hal itu dibuktikan dengan kekuasaan-Nya yang selalu dinamis.
http://www.sammy-summer.co.cc/2010/04/nama-yahweh.html
KALAU CARI SUMBER BACAAN HARUS YANG BERBOBOT SEDIKIT DOANK MAS…
ANDA MASIH BELUM PINTER JUGA YA..
KAN SUDAH SAYA JELASKAN BAHWA NAMA “ALLAH” BUKANLAH MANA DIRI. NAMA ALLAH ADALAH SESEMBAHAN YANG LAZIM DIANTARA BENGSA-BANGSA ZAMAN PERJANJIAN LAMA.
CONTOH:
YHVH = NAMA ALLAH ISRAEL (ALLAH ABRAHAM, ISHAK DAN YAKUB)
BAAL = NAMA ALLAH BANGSA KANAAN
DAN MASIH BANYAK LAGI NAMA ALLAH BANGSA NON-ISRAEL PADA ZAMAN ITU.
KALAU ALLAHNYA MUHAMMAD SIAPA MAS WEDUL?????
BATU HITAM YA (BLACK STONE)???
HUAHAHAHAHAHA….
Wedul Sherenian
31 Desember 2010
@FAJAR
wakaka
ehyeh (Aku Ada)
Yahweh (Dia Ada)
LALU SIAPA NAMA TUHANMU?????????????????
Tuhan umat Islam ==>Alaha/Elohim/Allah
hehehe..apa gue kira kamu gak tahu siapa Allah jadi mengira Allah itu BATU. yah beginilah otak kaum Pagan, sukanya yang batu2..hihihi
fajaryehuda
7 Januari 2011
@ WEDUL
YANG SUKA SAMA BATU SIAPA MAS…
SIAPA YANG JAUH-JAUH KE ARAB CUMA UNTUK MELIHAT, MERABA DAN MENCIUM BATU HITAM.

BUKANNYA ITU YG DINAMAKAN OLEH UMAT ISLAM SEBAGAI IBADAH.
KALAU BATUNYA HILANG, UMAT ISLAM PASTI MARAH BESAR KAN…..
KALAU BUKAN BATU, MEMANGNYA SIAPA ALLAH ANDA, MAS WEDUL??????
-UNKNOWN-
Wedul Sherenian
7 Januari 2011
@FAJAR
Ya kamu itu, suka ama batu seksi..hihihi
http://vilaputih.wordpress.com/2011/01/07/gambar-pecahan-hajar-azwad-di-turki/
Hihihi..dasar kepala batu…. gak bisa membedakan batu sama Allah, makanya gak bisa membedakan yesus ama Allah
Pallawa
23 Desember 2010
Menggenapi bukan berarti merubah….kalau merubah berarti menyempurnakan…menyempurnakan bisa berarti menggenapi dan merubah atas apa yang ada.
Pallawa
23 Desember 2010
klo cuman ajaran kasih dari jaman budha juga udah ajaran kasih….
di kejawen juga ada ajaran kasih…
Wedul Sherenian
23 Desember 2010
binatang juga ada ajaran kasih
fajaryehuda
30 Desember 2010
@ PALLAWA
AJARAN KASIH MEMANG BANYAK TETAPI TIDAK ADA SEORANGPUN YANG BENAR-BENAR MELAKUKANNYA SECARA SEMPURNA SELAIN YESUS KRISTUS.
PENCURI AJA TAHU KALAU MENCURI ITU TIDAK BAIK
PEMBUNUH AJA TAHU KALAU MEMBUNUH ITU TIDAK BAIK
PEMBOHONG AJA TAHU KALAU BERBOHONG ITU TIDAK BAIK
PEMBENCI AJA TAHU KALAU MEMBENCI ITU TIDAK BAIK
hambi
23 Desember 2010
hoy..! ngapain bela-belain bangsa arab situ, emangnya krn agamanya sama! liat TKW kita dianggap anjing oleh org arab tuh! brani gak ganyang org arab?????!!!!!!
Wedul Sherenian
23 Desember 2010
yang di bela konsep Islam bukan bangsa Arab. Gak semua orang Arab beragama Islam. Hukum harus ditegakkan dengan adil.
eko
23 Desember 2010
makanya jangan diem dunk jangan sibuk sendiri dengan misi permutadan
hambi
23 Desember 2010
lha kenyataan gitu koq! kalo bangsz laen didemo dimn2, giliran kalo nyangkut bangsa arab sepi demo pdhal mrk dah menganiaya,memperkosa, dn menzalimi tkw kita. cth: demo anti AS mk KFC jd sasaran, hotel Marriot jd sasaran bom, ayo coba yg nmnya orang arab tu… banyak rusakin wanita bngsz kita menjadikan pelacur dgn embel2 nikah sirih (liat kasus di Indramayu,cilacap,malang,n beberapa daerah di jawa).
Budaya Arab di pake, ampe bahasanya dikultuskan sbg bhs suci…..padahal bhs arab juga dipake utk memaki dn menghina tkw kita juga!!!!SADARLAH HAI SAUDARA SEBANGSA DAN SETANAH AIR KITA! buat apa bela-belain bangsa Palestina, pikirkan dulu nasib bangsa kita di arab saudi yg jadi tkw!
Wedul Sherenian
25 Desember 2010
@Hambi
Bagaimanapun yang namanya kadilan harus ditegakkan, kalau mau mendemo ya bisa aja di demo.
Sekarang begini, di Indonesia aja ada juga kasus pembantu di aniaya, cuma apakah ada yang mendemo?. Jika tidak mengapa?. Itu bisa aja karena kasusnya pidana perorangan. Bukan menyangkut negara secara keseluruhan.
Bagaimanapun, didemo atau tidak hukum harus tetap ditegakkan secara adil.
fajaryehuda
30 Desember 2010
@ HAMBI
ITULAH YANG DINAMAKAN SOLIDARITAS UMAT ISLAM MAS….

KASUSNYA SEBENARNYA SESEDERHANA SLOGANNYA MAS… GAK RUMIT-RUMIT AMAT KOK
mbuh gendenk
19 September 2011
menurut saya yg paling penting kenapa mereka jadi tkw, salahin dulu dalam negeri dulu deh…apa pilihan2 dalam negeri, dengan tingkat pendidikan, persaingan, budaya feodal, dll yg berlaku dalam negeri untuk dapat membuat perubahan dalam hidupnya, sebaiknya loe turun ke bawah riilll jadi bankrupt baru nyahoo
mbuh gendenk
19 September 2011
komprehensif aja broo analisanya, jgn campur aduk, aliran logika dan fakta yg bertentangan enaknya jadi nasi uduk atau rames aja
mbuh gendenk
19 September 2011
intinya membuat wni tanpa pandangan rasialis diskriminatif adalah karena cara para pengelola negerimu dhewek yg membuat wni nya sendiri daya tawarnya rendah. negeri arab seperti bertentangan dgn barat?apa iya, siapa yg menentukan nilai2 setiap manusia di dunia, ya pusat dunia adalah dollar, siapa yg pintar kelola sdm sda nya negeri deket/lekat dgn dollar ya nilainya lebih besar, bukan begitu?
darpo
4 Februari 2011
walah…..walahhhhh…… orang islam ini kok dedel banget yo, lha wong muhammad kok sik di sebut nabi. lha mujizatnya apa tho ? lagian kok muhammad disebut di Injil ? lha jarak e ratusan tahun baru ada ,…… ah….. mbok jangan di buat-2. itu mnyenyesatkan bangsa arab lho……
Amin ivo
18 September 2011
Al-quran diturunkan sebagai pelengkap kitab2 suci yg terdahulu,faktor utama diturunkannya Al-quran,karena kitab2 sebelumnya telah dikaburkan isinya oleh orang2 yg tidak Taat kepada Allah dan rasulnya.Dan Nabi Besar Muhammad saw diutus sebagai rahmatanlil alamin,yaitu sebagai rahmat bagi semesta alam,yg kita ketahui mu’jijat terbesarnya adalah Al-Quranul karim.,perbedaan risalah yg dibawa oleh nabi isa (yesus),yaitu,nabi isa diutus hanya untuk ummat nasrani,tidak untuk bangsa arab ataupun bani israel,berarti ummat kristen yg sekarang bukan pengikut nabi isa (yesus),karena bukan ummat nasrani.,Kenapa nabi2 sebelum kedatangan Nabi Muhammad diutus hanya untuk satu kaum saja????,ALLAH SWT telah bekehandak,akan mengutus seorang rasul pilihan, penghulu para nabi,nabi penutup,nabi akhir zaman,yaitu Nabi Muhammad saw.yg akan membawa risalah,bukan hanya untuk bangsa arab saja,juga untuk bani israel,juga untuk ummat nasrani,dan untuk seluruh makhluk yg ada di alam semesta ini,
peace no war
5 November 2011
tidak kisahla agamanya kristen ataupun islam…. yang penting, kita beriman dan menang dalam menghadapi cabaran dunia… iblis ketawa dan gembira melihat kita berperang atau bercanggah tentang pendapat mengenai agama ini. bagi wedul dan fajar, berdamailah….. agama kita masing2 x menyuruh kita bermusuhan. apa k’kurangan kita, marilah kita perbaikinya bersama. agar kita sama2 masuk syurga.